Home >> Advertisement >> 5 Manfaat Travelling yang Perlu Anda Ketahui
Traveling - Sumber Gambar m.keepo.me
Traveling - Sumber Gambar m.keepo.me

5 Manfaat Travelling yang Perlu Anda Ketahui

Traveling itu Bukan Sekedar Menyenangkan, Tapi Juga Banyak Manfaatnya!

Traveling, sekilas aktivitas yang sudah menjadi hobi bagi sebagian orang ini terlihat hanya sekedar jalan-jalan dan menghambur-hamburkan uang  atau hanya dianggap sebagai penghilang penat semata. Padahal dengan berpergian ke suatu tempat yang baru banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya suasana yang baru, ilmu pengetahuan baru, dan pengalaman yang tentunya tak bisa ternilai dengan uang.

Dengan banyaknya manfaat yang didapat,tak heran jika harga tiket pesawat domestik menjadi salah satu hal yang paling dicari di internet. Selain untuk transportasi dari satu tempat ke tempat lainnya, tujuan lainnya saat mencari tiket pesawat adalah untuk traveling. Kini, traveling telah berubah bukan hanya untuk refreshing dan melepasa penat, tapi telah menjadi hobi dan mata pencaharian bagi sebagian orang.

Lalu, apa saja sih sebenarnya manfaat traveling? Bukan hanya menyenangkan, ini dia manfaat traveling yang perlu kamu ketahui! Bagi yang kurang piknik masuk sini!

  • Menjadi lebih percaya diri

Salah satu manfaat mo yang perlu kamu ketahui adalah menjadikan pribadi lebih percaya diri. Dengan seringnya berkunjung ke tempat-tempat baru, lingkungan baru, suasana baru, dan budaya yang baru, secara otomatis akan menambah wawasan dan pengetahuan.  Orang yang memiliki wawasan dan pengetahuan cenderung lebih percaya diri karena telah berinteraksi dengan banyak kondisi. So, masih enggan untuk traveling?

  • Menjadi pribadi yang lebih mudah adaptasi

Manfaat lainnya dari traveling adalah menjadikan diri kita pribadi yang lebih mudah bersosialisasi dan beradaptasi. Hal ini dikarenakan saat di perjalanan menuju satu tempat ke tempat lainnya akan menemukan orang-orang baru di dalam alat transportasi. Hal ini tentunya jika kita ingin membuka diri dan bersosialisasi dengan mereka.

Seiring dengan banyaknya kita bersosialisasi dengan orang baru di lingkungan yang baru, tentu membuat kita menjadi pribadi yang lebih mudah adaptasi. Tak jarang saat traveling banyak  yang mendapatkan relasi bisnis baru, atau bahkan pasangan saat traveling. Buat jomblo,traveling deh!

  • Meningkatkan rasa empati dan kreatif

Traveling ternyata dapat meningkatkan rasa empati. Menurut salah satu tokoh Wallace J Nichols yang merupakan pengarang buku Blue Mind : “The Surprising Than Shows How Being Near, In, On or Under Water Can Make You Happier, Healthier, More Connected and Better at What You Do”  traveling, terutama di tempat wisata yang dekat dengan air seperti pantai, telaga, dan lain lain dapat membantu melepas emosi dan meningkatkan rasa empati.

Sifat air juga mamou meningkatkan gairah, memperbaiki hubungan dengan diri sendiri dan orang lain serta menjadi energi untuk kreativitas. Jika kamu merasa kurang kreatif, tak ada salahnya kamu traveling ke pantai, curug atau telaga agar menjadi lebih kreatif dan empati sebagaimana kata Wallace.

  • Menjadi Moodbooster

Manfaat lainnya dari traveling yang perlu kamu ketahua adalah dapat meningkatkan mood. Dalam sebuah survey pada tahun 2014 yang dilakukan oleh Diamond Resorts International menunjukkan bahwa tiga dari empat responden merasa lebih bahagia dan moodnya bagus jika melaksanakan traveling minimal satu tahun sekali.

  • Lebih teratur dalam memilih prioritas

Secara tidak langsung, saat traveling diri kita sedang dilatih untuk memilih mana yang penting atau tidak penting. Hal ini dimulai saat menyusun itinerary untuk traveling dimana kita harus pandai menyusun jadwal, memperkirakan waktu, mengatur budget dan memilih prioritas mana yang didahulukan dan mana yang tidak diperlukan.

Pembelajaran ini tentu berlaku bagi kita yang memang merencanakan traveling dengan baik. Seringkali banyak dari kita tidak merencanakan traveling dengan baik sehingga manfaat yang satu  ini tidak terlalu terasa dampaknya. Oleh sebab itu, sudah fahamkan mengapa itinerary yang baik untuk traveling itu sangat dibutuhkan?

Itulah 5 manfaat dari traveling yang perlu kamu ketahui. Masih banyak manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari aktivitas traveling. Akhir-akhir ini juga banyak beredar istilah kurang piknik. Nah, tentunya traveling menjadi obat yang ampuh bagi yang terjangkit kurang piknik. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, have a nice trip!

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • manfaat travelling
  • manfaat traveling
  • tujuan dan manfaat traveling

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …