Home >> SEO >> Apa Itu SEO dan Kegunaannya
Apa Itu SEO

Apa Itu SEO dan Kegunaannya

Apa Itu SEO?

Bagi para pengguna internet, istilah mengenai apa itu SEO sudah bukan menjadi istilah baru. Seringkali kita mendengar istilah SEO di dunia internet. Banyak sekali orang mencari cara SEO yang baik untuk mereka. Sebenarnya, apakah istilah SEO? Mengapa banyak orang yang mencari informasi mengenai SEO?

SEO adalah sebuah singkatan sebuah kalimat dari bahasa inggris Search Engine Optimization, yang artinya adalah cara-cara yang dipergunakan oleh pengguna internet, untuk menaikkan popularitas website pengguna internet tersebut, sehingga pada saat sebuah keyword atau kata kunci pada sebuah search engine dimasukkan, hasil pencarian dari search engine tersebut akan menampilkan website pengguna internet tersebut. Istilah pendek dari SEO dalam bahasa Indonesia adalah pengoptimalan hasil pencarian dari search engine.

Fungsi SEO dalam Kehidupan Sehari-hari

Setelah mengetahui apa itu SEO, maka kita bisa menyimpulkan bahwa banyak sekali kegunaan SEO yang bisa dimanfaatkan untuk menaikkan popularitas sebuah website, sehingga website tersebut bisa menghasilkan uang bagi pemiliknya. Dengan teknik SEO yang benar, maka pengguna website bisa mendapatkan ranking yang tinggi dalam sebuah search engine. Keuntungan dari ranking yang tinggi pada sebuah search engine adalah banyaknya orang yang mengetahui keberadaan website tersebut. Setelah sebuah website menjadi website yang dikenal oleh masyarakat, maka pendapatan uang menggunakan bantuan website tersebut akan menjadi sangat mudah. Hal ini dikarenakan oleh naiknya pengguna internet di dunia.

Salah satu contoh bisnis online yang paling sering digunakan adalah penggunaan website yang terkenal sebagai media iklan. Contohnya saja, apabila kita mengamati banyak website yang terkenal, maka kita akan melihat banyak banner iklan yang terpasang pada samping kiri dan kanan konten website tersebut. Konten tersebut tidak terpasang secara otomatis, tetapi beberapa website memasang tarif tertentu sebagai imbalan untuk pemasangan iklan. Dengan demikian, apabila pengunjung website mengunjungi website demi mendapatkan informasi berharga, secara tidak langsung, pengunjung tersebut akan melihat iklan yang dipasang oleh pemilik website. Besarnya keuntungan dari metode ini bergantung pada tarif pemasangan iklan.

Selain cara tersebut di atas, SEO juga sangat penting bagi penjual online yang membuka toko dengan bantuan website. Apabila seorang pemilik bisnis online memiliki website yang sangat terkenal, maka keuntungan dari toko online tersebut akan jauh melebihi toko biasa. Hal ini dikarenakan oleh banyaknya pembeli atau klien dari berbagai kota, bahkan berbagai negara. Toko biasa membutuhkan kunjungan klien dan sangat dipengaruhi oleh faktor jarak dan lokasi. Dengan adanya toko online, maka seseorang bisa mengunjungi toko tersebut hanya dengan bermodalkan komputer online maupun handphone yang bisa digunakan untuk online. Dengan mengetahui apa itu SEO dan cara penerapan yang benar, maka kita bisa mendapatkan keuntungan secara halal melalui sebuah bisnis online.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …