Home >> Mobile & Apps >> Ayo Belajar Sejarah Awal Berdirinya Android
Sejarah Android

Ayo Belajar Sejarah Awal Berdirinya Android

Kalau bicara tentang android pikiran kita pasti tertuju pada Samsung Betul tidak? Padahal Smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi android bukanlah samsung. Karena yang besar besaran dalam branding dan promosi iklan smartphone android adalah samsung. Sekedar selingan coba kita ingat ingat branding branding yang sudah kental di indonesia.

  • Sepeda Motor ingatnya HONDA,
  • Sabun Cuci Ingatnya RINSO,
  • Air Minum Ingatnya AQUA,
  • Pompa Air Ingat SANYO,
  • dan lain lain

Sama seperti Android ingatnya SAMSUNG. Selain Android, beberapa sistem operasi yang terkenal yaitu Blackberry, Windows Dan Ios. Mereka telah menguasai pasar smartphone, boleh di katakan android adalah pendatang baru. Tetapi walaupun baru, android memiliki nuansa yang  baru sehingga merangkak naik dengan tajam menggeser sistem operasi terdahulunya. Selain itu, android merupakan open source alias terbuka buat siapa saja untuk mengembangkannya sehingga semakin banyak yang ikut andil dalam pengembangan sistem tersebut. Alhasil, Android tahun 2014 menjadi salah satu raja Smartphone di dunia.

Sejarah Awal Perkembangan Android

Bulan juli 2005, merupakan bulan dan tahun bersejarah bagi android. Di kala itu Google bertempat di California Amerika Serikat yang merupakan raksasa dunia maya memutuskan untuk bekerja sama dengan Android Inc. Google sendiri saat itu juga sudah menjadi raja di internet, dan kalau cari informasi ya lewat google. Awal anggapan dari pendiri android, fungsi dari android sendiri untuk telpon seluler sehingga Google merilis telpon seluler yang pertama menggunakan aplikasi android yang di produksi oleh HTC Smartphone.

Tahun 2007,  Google meluncurkan Nexus One, Salah satu telepon pintar GSM yang sistem operasinya berbasis android. HTC Smartphone memproduksi smartphone tersebut dan mulai di pasarkan pada tahun 2010.

Tahun 2008, terbentuklah Open Handset Alliance ( OHA ) dan merilis produk pertama mereka, android melakukan perbaruan dan berbaikan bug dan penambahan beberapa fitur yang terbaru. HTC Dream merupakan merupakan telpon seluluer pertama yang menggunakan sistem operasi berbasis android. Di tahun tersebut juga berbgung anggota baru dalam kerja Android ARM Holdings, Atheros Communications, diproduksi oleh Asustek Computer Inc, Garmin Ltd, Softbank, Sony Ericsson, Toshiba Corp, dan Vodafone Group Plc.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …