Home >> Fotografi >> Belajar Fotografi Secara Praktis bagi Pemula
Belajar Fotografi Dasar
Belajar Fotografi Dasar

Belajar Fotografi Secara Praktis bagi Pemula

Belajar fotografi menjadi salah satu hal yang asyik dilakukan bahkan bagi pemula. Fotografi kini bukan menjadi hal baru lagi, saat ini fotografi sudah sangat populer terutama di kalangan anak muda. Dahulu kamera DSLR masih menjadi suatu benda yang sangat asing, namun sekarang kamera menjadi sebuah benda yang bisa Anda lihat dimana saja. Fotografi tampaknya telah menjadi hobi yang banyak digemari. Untuk bisa menjadi seorang fotografer sebenarnya tidaklah sulit, katakan saja semua orang saat ini bisa memotret mulai dari memotret dengan kamera handphone, kamera digital maupun kamera DSLR. Sebenarnya, semua orang bisa memotret dan menghasilkan sebuah foto, namun yang membedakan dengan fotografer profesional adalah terletak pada foto yang dihasilkan.

Bagi Anda yang ingin mulai belajar fotografi tidak ada salahnya dan tidak ada kata terlambat, pada dasarnya Anda memiliki basic bisa mengambil gambar, hanya saja Anda belum memahami teknik-tekniknya saja. Untuk belajar fotograti sebenarnya tidak perlu menempuh pendidikan khusus ataupun mengkuti kursus-kursus fotografi, karena fotografi dapat dipelajari secara otodidak, bahkan bagi Anda yang pemula. Anda hanya harus bisa memahami cara kerja kamera DSLR dan belajar mengenai teknik-teknik sederhana untuk menghasilkan sebuah foto yang bernilai estetik tinggi. Hal tersebut perlu Anda pahami karena untuk menjadi seorang fotografer Anda tidak hanya dituntut bisa memotret saja, tapi juga menghasilkan foto yang bernilai tinggi.

Lalu bagaimana belajar fotografi yang mudah dan praktis bagi seorang pemula?

  1. Pertama, Anda harus memahami terlebih dahulu cara pakai dan cara kerja kamera DSLR, Anda bisa mempelajarinya lewat buku panduan atau buku manual kamera. Anda perlu mempelajari tombol apa saja yang digunakan, setting kamera, dan fitur-fitur apa saja yang ada pada kamera, sehingga hal tersebut akan mempermudah Anda dalam menggunakan kamera.
  2. Pelajari kunci dari teknik fotografi yang digambarkan dalam segitiga yang saling berkaitan yakni, ISO, diafragma dan speed (kecepatan). Ketiga hal pokok ini harus Anda pahami baik-baik untuk dapat menghasilkan foto yang bagus.
  3. Pelajari beberapa teknik-teknik dasar yang mudah seperti teknik freezing, Bluring, Panning, Bulb (Long Exposure), Zooming, dan Deep of Field. Teknik-teknik tersebut merupakan teknik dasar dalam memotret.
  4. Perbanyak praktik. Belajar fotografi itu tidak hanya sekali langsung bisa, tapi membutuhkan waktu dan ketelatenan. Belajar fotografi itu trial and error, Anda harus berani mencoba dan terus mencoba berbagai teknik fotografi sampai Anda mampu menguasai teknik tersebut. Selain itu, Anda tidak hanya belajar teori saja, imbangi dengan memperbanyak praktek dan mencoba-coba agar semakin terbiasa.

Belajar fotografi adalah hal yang cukup mudah dilakukan, Anda bisa belajar fotografi darimana saja, seperti internet, buku ataupun belajar secara otodidak. Cukup pelajari teknik-tekniknya dan perbanyaklah mencoba-coba.

Other articles you might like;

About Manshurin Online

Manshurin Online sebagai wadah berbagi informasi baik bisnis , internet , teknologi maupun motivasi. Semoga www.manshurin.com diberikan aman slamet lancar barokah

Check Also

PIN Google Adsense

PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya

PIN Google Adsense Sebagai seorang publisher Google Adsense, tentu Anda akan merasa sangat senang jika …