Home >> Blogging >> Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)
Membuat Nama Blog Gratis

Cara Membuat Blog Gratis di Blogger.com (Blogspot)

Mempunyai sebuah blog merupakan sesuatu hal yang menyenangkan bagi orang yang terjun di internet khususnya di internet marketing. Selain itu juga merupakan kesenangan bagi seseorang yang suka berbagai lewat tulisan di internet. Apa bila anda ingin membuat sebuah blog ada dua pilihan yaitu membuat blog gratis atau membuat blog dengan berbayar. Keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing masing dan semua tergantung pada tujuan awal anda membuat blog.

Perbedaan blog gratis dan blog berbayar

Blog yang gratis merupakan blog yang dibangun menggunakan platform blog dan hosting yang gratis. Saat ini ada dua platform besar dan populer dengan jumlah pengguna yang hampir ada disetiap Negara termasuk Indonesia. Dua platform tersebut adalah Blogger.com dan Wordpres.com. blog yang berbayar adalah blog yan dibuat dengan hosting dan domain sendiri.karena sifatnya pribadi maka setiap membuatnya harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli nama domain dan sewa hosting.

Kelebihan dan kekurangan blog gratisan

Blog gratisan dapat dibuat gratis dan tanpa harus mengeluarkan biaya apa pun kecuali biaya untuk koneksi internet. Anda hanya menentukan pilihan mau menggunakan blogger.com, wordpres.com atau platform blog gratisan yang lain. Kekurangan blog gratisan terletak pada profesionalitas serta nilai jual. Jika anda sudah berniat dan ingin menekuni bisnis online dengan menggunakan blog sebagai medianya, idealnya anda harus mau mengeluarkan modal untuk membuat blog berbayar. Selain itu sebagian besar media periklanan online baik di Indonesia maupun luar negeri lebih memprioritaskan blog yang berbayar.

Selain itu harus dipertimbangkan pula jika anda memang serius ingin mendapatkan uang dari blog yang anda buat. Semoga sedikit gambaran di atas sudah bisa membantu anda membuat sebauh kesimpulan serta membantu dalam menentukan pilihan apakah anda ingin membuat blog yang gratis atau blog yang berbayar. Untuk membuat blog yang berbayar platform yang biasa digunakan adalah wordpress.org. di kesempatan yang lain saya akan membuat panduan cara membuat blog berbayar dengan platform wordpress, ada pun kali ini kita akan membuat blog gratisan dengan platform blogspot (Blogger.com).

Langkah langkah membuat blog gratis di Blogger.com

Mengingatkan kembali untuk membuat blog di Blogger, anda juga harus memiliki produk Google yang lain yaitu email Gmail (Google Email). Jika anda belum memiliki akun Gmail, atau bingung membuat email tersebut, maka silahkan klik disini.

1. Masuk ke Blogger.com, biasanya anda akan diminta untuk masuk melalui akun Gmail anda.

Masuk Email
Masuk Email
Masukan User dan Password
Masukan User dan Password

2. Masukan user name dan password email Gmail anda, klik tombol Sign in untuk masuk ke langkah selanjutnya.

Membuat Profil Blogger
Membuat Profil Blogger

Catatan : Apabila email yang anda gunakan masih baru dan belum pernah digunakan membuat blog di blogger. Anda harus membuat profil terlebih dahulu sebelum membuat blog. Pilih salah satu yaitu profil blog atau profil google plus.

3. Klik tombol buat Blog Baru maka akan tampil Form yang seperti gambar dibawah ini.

Dasboard Blogger dan Membuat Blog BaruDasboard Blogger dan Membuat Blog Baru

Membuat Nama Blog Gratis
Membuat Nama Blog Gratis

4. Pada form judul/kolom judul, diisi dengan judul blog yang dibuat dan pilihlah nama Blog. Nama blog tersebut harus unik dan tidak boleh sama dengan blog yang lain. Dan apa bila nama Blog sudah dipakai orang lain, maka tidak akan bisa dibuat menjadi nama Blog anda.

5. Selanjutnya pilih salah satu template yang anda sukai lalu tekan tombol buat blog.

Selesai Membuat Blog Gratisan
Selesai Membuat Blog Gratisan

Membuat blog dengan platform Blogger.com memang sangat mudah dan sama seperti halnya anda membuat akun Gmail atau membuat akun disosial media. Karena pada fase ini merupakan tingkat yang paling dasar, sehingga anda tidak harus ahli dibidang pemrograman atau dalam hal koding kecuali jika sudah dalam tahap pengembangan dan optimasi maka anda harus belajar lebih banyak lagi.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …