Home >> Mobile & Apps >> Cara Menggunakan Telegram di Berbagai Platform
icon telegram

Cara Menggunakan Telegram di Berbagai Platform

Telegram merupakan salah satu aplikasi chatting yang bisa digunakan untuk mengirim pesan jarak jauh dengan mudah, cepat dan aman. bukan hanya untuk berkirim pesan saja tetapi telegram juga menghadirkan fitur yang bisa digunakan untuk mengirim gambar, video dan lokasi pengguna saat ini. Kemudahan lain yang ditawarkan oleh telegram adalah pengguna bisa mengaksesnya secara gratis di berbagai platform mulai dari android, iOS, windows phone, OS X hingga ke web browser. Dan yang terbaik adalah aplikasi ini sangat ringan dan bebas dari iklan. Ingin tahu bagaimana menggunakan telegram untuk pertama kali? Berikut beberapa cara menggunakan telegram:

Cara menggunakan telegram di android dan iOS

  1. Download dan install aplikasi telegram ke smartphone anda

Buka App Store untuk iOS atau Google Play untuk android. Aplikasi telegram memiliki logo pesawat kertas. Pilih kemudian install.

  1. Setelah telegram terpasang ke perangkat pintar anda. Untuk memulai menjalankan aplikasi tersebut pastikan anda terkoneksi ke internet setelah itu anda bisa mendapatkan akses ke telegram.
  2. Masukan nomor telepon anda. Telegram kemudian akan mengirimkan pesan ke nomor anda yang berisi kode verifikasi. Selanjutnya, masukan kode tersebut ke dalam tab kode verifikasi.
  3. Setelah berhasil masuk, anda bisa menambahkan nama dan juga foto untuk profil telegram anda.
  4. Ketika baru pertama kali menggunakan telegram, tampilan menu awal telegram masih kosong begitu pula dengan kontak yang tersimpan. Telegram memungkinkan anda mencari teman dengan mudah jika anda mengizinkan telegram untuk mengakses address book. Caranya dengan menekan tab contact maka secara otomatis telegram akan mencari siapa saja teman anda yang menggunakan telegram. anda bisa mengirimkan undangan ke mereka untuk memulai mengobrol dengan mereka.
  5. Memulai obrolan. Pilih teman yang sudah memiliki telegram. untuk mengirimkan pesan, ketuk bagian kolom teks yang ada di bagian bawah. Masukan pesan yang ingin anda kirim seperti mengetikan teks biasa.
  6. Selain teks, anda juga bisa mengirimkan foto, video, dokumen atau lokasi anda saat ini. Tekan ikon yang berbentuk seperti penjepit kertas atau paperclip kemudian pilih file yang ingin anda kirim. Untuk mengirimkan informasi lokasi anda saat ini, pilih opsi lokasi.
  7. Seperti halnya telegram terdahulu, aplikasi telegram ini juga menawarkan keamanan bagi pengguna untuk berkirim pesan. Caranya dengan masuk ke pilihan new secret chat lalu pilih nama teman. Setiap pesan yang dikirim akan dienkripsi. Pesan yang dikirim bisa berupa teks atau media yang lainya. selain itu, secret chat juga menyediakan fitur self destruct timer. Fitur ini memungkinkan untuk menghapus pesan setelah batas waktu yang telah ditetapkan misalnya satu detik, satu hari atau satu minggu.
  8. Mengganti background chat. Telegram memungkinkan pengguna untuk mengganti background chat dengan pilihan gambar yang tersedia atau bisa pula memilih background chat dari perangkat yang digunakan.

Cara menggungakan telegram pada PC

  1. Download dan install. Selain bisa digunakan pada android dan iOS, telegram juga bisa digunakan pada PC, MAC dan juga Linux. Untuk menggunakanya anda harus mengunduh terlebih dahulu aplikasi dari telegram.org. pilih sesuai dengan platform yang anda gunakan pada perangkat computer. Setelah selesai di unduh kemudian install.
  2. Ketika instalasi telegram telah selesai, akan muncul tampilan awal telegram yang meminta anda untuk memasukan nomor telepon yang anda miliki. Telegram akan menggunakan nomor tersebut untuk mengirimkan kode verifikasi masuk ke telegram.
  3. Masukan kode verifikasi ke tab kode verifikasi.
  4. Sekarang, telegram anda telah siap untuk digunakan. untuk memulai percakapan, anda bisa menambahkan kontak teman anda. Caranya klik menu add contact kemudian masukan informasi kontak teman anda.
  5. Jika anda sudah memiliki kontak anda bisa memulai mengirimkan pesan. Masukan pesan anda pada kolom teks. Klik send untuk mengirimnya. Jika pesan pesan anda telah terkirim maka akan muncul tanda centang hijau tepat di samping pesan anda. Jika pesan anda telah diterima maka akan muncul dua tanda centang hijau.
  6. Anda juga menambahkan file lainya seperti gambar, foto, video atau dokumen dari instagram. Caranya sangat mudah, pilih ikon yang berbentuk seperti penjepit kertas atau paper clip lalu pilih file yang ingin dikirim dari perangkat anda. Klik send untuk mengirimnya.

cara menggunakan telegram web

Jika anda tidak ingin terlalu ribet dengan instalasi, telegram juga bisa diakses langsung dari web browser. Untuk menggunakan telegram web anda bisa mengaksesnya di telegram.org kemudian pilih telegram web-version. Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman masuk. masukan nomor telepon yang anda gunakan saat ini. Telegram kemudian akan mengirimkan kode verifikasi. Masukan kode tersebut ke tab verifikasi kode di telegram web. Klik next untuk login. Setelah berhasil login, telegram siap anda gunakan. Namun anda tidak bisa memulai percakapan jika anda belum menambahkan kontak teman anda. Untuk menambahkanya klik add contact dan masukan akun teman anda. Fitur yang dimiliki juga sangat intuitif. Pengguna bisa mengirimkan teks, gambar, foto, video dan juga dokumen.

Other articles you might like;

About Yayik Dukhan

Check Also

Yayik, itulah namanya

Yayik, ya itulah namanya. Yayik, perempuan? Bukan! Mendengar nama yang satu ini, kebanyakan orang langsung …