Home >> Bisnis >> Cara Mudah Sukses Berjualan Online
Sukses Berjualan Online

Cara Mudah Sukses Berjualan Online

Dengan perkembangan teknologi dan informasi yang terus tumbuh semakin pesat, membuat orang-orang terus berinovasi dalam banyak hal. Salah satunya dalam hal bisnis, di era yang serba digital ini sangat memungkinkan pelaku bisnis memanfaatkan teknologi dan informasi seperti internet. Kehadiran Internet merubah pola bisnis yang dilakukan, semua kegiatan bisnis menjadi horizontal dan mampu menjangkau ke kalangan lebih luas lagi, dalam artian bahwa pelaku bisnis mampu menjangkau segmentasi yang lebih luas dalam berbisnis.

Dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini membuat fenomena baru dalam bisnis, seperti kehadiran e-commerce yang merubah pola masyarakat dalam berbelanja. Saat ini orang-orang mulai berbelanja dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang. Kehadiran e-commerce membuat generasi baru yang bisa disebut dengan generasi millineals, dimana orang-orang mulai memanfaatkan teknologi mereka dalam melakukan segala hal sehari-harinya. Dengan semua kemajuan dan peradaban yang terus tumbuh ini bisa menjadi peluang yang sangat baik bagi masyarakat. Salah satunya adalah peluang dalam berbisnis, yaitu dengan berbisnis online yang saat ini menjadi trend tersendiri dalam masyarakat.  Untuk itu ada beberapa langkah yang bisa dilakukan dalam berbisnis online.

  1. Bidik Pasar Yang Ingin Dituju

Sebelum memulai berbisnis secara online , kita harus tau terlebih dahulu pasar mana yang ingin kita tuju dengan menentukan segmentasi yang tepat. Melihat kebutuhan masyarakat yang dapat menjadi peluang dalam bisnis kita nantinya,  namun hal itu harus sesuai dengan segmentasi yang ditetapkan. Dengan begitu kita akan mendapatkan pasar yang potensial dalam bisnis yang dilakukan.

  1. Memanfaatkan Media Sosial

Kehadiran media social dapat kita manfaatkan daalam memulai bisnis online. kita dapat menggunaka media social seperti facebook, Instagram, Twitter, Line, dan lain sebagainya untuk memulai bisnis secara online. Selain dapat dinikmati secara gratis dan tidak perlu memiliki modal yang cukup besar, dengan banyaknya yang menggunakan media social dapat menjadi peluang yang sangat besar dalam berjualan online.

  1. Pilih Marketplace Terpercaya

Selain di media social,  kita bisa juga bisa menggunakan marketplace sebagai media yang efektif dalam berjualan secara online. Namun kita harus memilih marketplace yang terpercaya untuk media berbisnis, untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan bisnis secara online.  Salah satu marketplace yang terpercaya seperti blanja.com, blanja.com sendiri merupakan hasil dari joint venture antara perusahaan Telkomsel dan eBay. Jadi kita tidak perlu takut untuk menggunakan blanja.com sebagai media dalam berbisis online

  1. Melakukan Promosi Yang Tepat Sasaran

Dalam berbisnis secara online, kegiatan promosi menjadi hal yang harus gencar dilakukan. Kita bisa menggunakan endorse untuk promosi di media social dan membuat konten yang menarik perhatian orang-orang untuk berbelanja. Sedangkan dalam marketplace kita hanya cukup mengatur ketersedian produk yang ingin kita jual karena kegiatan promosi sudah dilakukan oleh pihak marketplace tersebut.

  1. Memberikan Pelayanan Yang baik

Dalam berbisnis online kita harus meberikan pelayanan yang baik pada konsumen.  Dengan pelayanan yang memuaskan akan membuat konsumen kembali datang untuk berbelanja di toko kita. Selain itu, pelanggan yang puas akan merekomendasikan produk atau jasa yang kita jual kepada orang-orang di sekitarnya. Dengan begitu secara tidak langsung mereka melakukan promosi pada pada toko online yang kita miliki. Kepuasan dari pelanggan juga dapat menjadi cara promosi dengan menggunakan testimony positif yang mereka buat.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …