Home >> Teknologi >> Jaringan LAN dan Perangkatnya
Jaringan LAN dan Perangkatnya

Jaringan LAN dan Perangkatnya

Jaringan LAN merupakan singkatan dari Lokal Area Network yang sering dimaksud oleh masyarakat Indonesia adalah jaringan wilayah lokal. Jaringan ini merupakan jaringan komputer yang mampu mencakup wilayah kecil seperti warnet, kantor, kampus, atau rumah. Biasanya, Anda dapat mengenali jaringan LAN ini senagai jaringan yang mampu memberikan pesatnya data lebih tinggi dari jaringan lainnya. Selain itu, Anda dapat mencangkup geografi yang lebih sempit serta tidak membutuhkan sambungan telekomunikasi yang perlu disambungkan dengan alat komunikasi lainnya.

Perangkat Jaringan LAN

Untuk melewatkan aliran informasi data pada jaringan LAN, Anda harus menggabungkan berbagai macam perangkat yang mampu membentuk sebuah jaringan LAN yang baik.

  • Repeater

Untuk menguatkan sinyal yang tiba-tiba melemah, repeater ini angat berfungsi untuk mengembalikan sinyal ke kecepatan jaringan seperti semula. Hal ini mampu membuat sinyal mampu ditransmisikan pada jarak yang lebih jauh lagi. Oleh karena itu, pemasangan jaringan tanpa alat ini akan menghambat informasi yang Anda inginkan. Alat ini tidak akan merubah informasi yang Anda ingin akses. Selain itu, repeater tidak dapat menjaring informasi yang masuk pada jaringan.

  • Bridge

Bridge merupakan alat yang mampu menguatkan sinyal dan mampu menentukan tujuan. Alat ini sering disebut dengan intelligent repeater yang mampu menguatkan sinyal yang ditransmisikan pada komputer.

  • Hub

Dengan menggunakan alat ini, Anda mampu menggunakannya sebagai alat penghubung dengan semua komputer yang dapat terhubung pada jaringan LAN. Alat ini merupakan Alat yang mampu menguatkan sinyal berperan sebagai pertransmisian sinyal pada setiap line yang dihubungkan dengan hub pada setiap komputer.

  • Router

Router merupakan alat yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan bridge. Dengan alat ini, komputer mampy menunjukkan jalur dan penyaringan informasi di setiap jaringan yang berbeda. Di desain modern komputer saat ini, Anda mampu mendetekti masalaj dan mampu mengalihkan jalur informasi pada jaringan yang bermasalah.

  • Switch

Benda ini dimanfaatkan sebagai benda yang mampu menhubungkan semua komputer yang tersambung pada jaringan LAN. Switch ini mampu beroperasi dengan full duplex yang mampu memfilter dan mengalihkan informasi pada tujuan yang lebih spesifik lagi.

Perawatan Jaringan LAN

Untuk melakukan perawatan jaringan LAN, Anda harus berusaha menjaga kondisi komputer dengan baik. Hal ini dapat membuat jaringan LAN memberikan kinerja yang lambat. Perawatan server pada komputer sangatlah penting. Untuk mendapatkan proses kerja komputer yang lebih cepat, Anda harus berusaha untuk memberikan perawatan khusu pada hardware dan software komputer. Simpanlah data dan program pada harddisk lain sehingga jika sewaktu waktu Anda membutuhkannya untuk memperbaiki jaringan LAN, Anda dapat memanfaatkannya. Berusahalah untuk merawak kabel jaringan, switch atau hub, serta perangkat lainnya yang terangkai pada jaringan LAN. Anda dapat membersihkannya dari debu dan selalu menjaga kestabilan suhu pada komputer agar komputer mampu menjalankan jaringan LAN dengan baik.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …