Home >> Advertisement >> Jenis-jenis UPS Yang Sering Dipakai
Jenis-jenis UPS
Jenis-jenis UPS

Jenis-jenis UPS Yang Sering Dipakai

Bagi sebuah perusahaan besar yang selalu terhubung dengan internet dan menggunakan komputer, tentunya akan menggunakan perangkat yang dapat menyediakan daya listrik cadangan ketika terjadi pemadaman secara tiba-tiba, yaitu genset.

Namun, bagi pengguna perorangan, genset dirasa terlalu mahal dan membutuhkan banyak tempat untuk penyimpanannya. Maka, rata-rata akan memilih menggunakan UPS atau uninterruptible power supply.

Perangkat satu ini dapat dijadikan ‘baterai’ cadangan ketika terjadi pemadaman listrik secara tiba-tiba dan agar pekerjaan yang dilakukan dengan menggunakan komputer tidak terhapus kala aliran listrik menghilang.

Saat ini, ada banyak sekali tempat yang jual UPS secara online maupun offline. Namun, Anda perlu mengetahui jenis-jenisnya agar sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Berikut ini adalah jenis-jenis UPS yang tersedia di pasaran.

  1. Line-interactive UPS

Perangkat UPS satu ini merupakan penyimpan daya listrik yang sudah dilengkapi dengan automatic voltage regulator yang berfungsi untuk mengatur arus tegangan listrik yang berasal dari sumber daya utama menuju perangkat.

  1. Off-line UPS

Dapat dikatakan bahwa jenis UPS satu ini adalah yang termurah di antara semua jenis lainnya. Hal tersebut dikarenakan perata arus atau rectifier dan pembalik tegangan atau inverter berada dalam satu tempat. Maka jika terjadi gangguan, suplay daya listrik utama akan ditahan dan arus DC dari baterai dibelokkan ke inventer secara langsung.

  1. On-line UPS

On-line UPS merupakan perangkat penyedia daya listrik cadangan yang memiliki harga lumayan mahal. Toko-toko yang jual UPS jenis ini akan lebih menetapkan harga cukup tinggi karena sistem yang diaplikasikan di dalamnya berbeda dari jenis lainnya. Dianggap berbeda karena di dalamnya terdapat  1 rectifier dan 1 inventer yang terpisah. Berbeda dengan off-line UPS, pada On-line UPS, jika terjadi gangguan, arus DC akan dibelokkan ke inventer dan dikonversi menjadi arus AC.

  1. Modified UPS

Untuk jenis satu ini banyak digunakan oleh para pekerja yang berhubungan dengan komputer dan jaringan. Dinamakan modified karena memang sistem dan peranti di dalamnya sudah diupgrade dan dibuat sedemikian rupa agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dari jenis-jenis UPS di atas, toko yang jual UPS rata-rata hanya menyediakan Line-interactive UPS, off-line UPS dan On-line UPS saja karena lebih cepat dipasarkan dibandingkan dengan modified UPS.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Cara Membeli Domain di Name

[Video] Tutorial Panduan Cara Membeli Domain di Name.com

Tutorial cara membeli domain di Name.com Bagi yang belum tahu apa domain silahkan baca Apa Itu …