Home >> Teknologi >> Software >> Keunggulan dari Perangkat Zero Client
Zero Client
Zero Client

Keunggulan dari Perangkat Zero Client

Manusia adalah makhluk yang dinamis. Keberadaannya mampu untuk mengubah sesuatu yang sebelumnya tidak bisa bermanfaat menjadi suatu hal yang beranfaat dan mampu bermanfaat bagi kegiatan manusia. Di era yang semua serba digital ini semua menggunakan sebuah peralatan yang bernama komputer. Diharapkan dengan peralatan ini, dapat membantu mempermudah pekerjaan mereka. Semakin canggihnya perkembangan teknologi ini terciptalah suatu perangkat yang bernama Zero Client. Bagi masyarakat awam tentunya belum mengetahui perangkat yang satu ini dan bagaimana pemanfaatnya. Memang istilah yang digunakan dalam dunia digital memang sangat elihatan asing untuk orang awam, tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena di artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa sebenarnya produk ini dan sampai pada manfaatnya di dunia digital. Yuk langsung simak saja.

Nah sebelum dijelaskan mengenai pengertian dari Zero Client ini lebih baik Anda saya ajak untuk memahami suatu pemahaman sedikit mengenai hal-hal yang terjadi di sekitar kita. Apakah di sekolah Anda dulu masih menggunakan sebuah komputer dengan layar yang masih cembung? Selain itu apkah dalam penyalaannya hanya dengan menggunakan CPU di masing-masing komputer? Nah jika iya berarti dalam komputer Anda belum menggunakan perangkat ini. Lho kok bisa? Apa hubungannya? Nah simak baik-baik artikel di bawah ini.

Zero client merupakan sebuah perangkat yang dikelola dan dan di maintain di perangkat kliennya lebih sedikit. Nah maka dari itu perangkat ini disebut dengan zero alias nol. Perangkat ini sama hakekatnya dengan sebauh PC small form factor dengan OS thin client. Jadi dengan menggunakan perangkat ini kita tidak perlu lagi bergantian dalam menggunakan 1 komputer. Maksdunya komputer 1 tidak lagi dipakai atas username yang banyak. Saking canggihnya perangkat ini sampai dibikinlah sebuah Hp yang bermerek sama. Hp ini memang dipasang untuk dunia pendidikan. Dalam hp ini sistemnya dimotori oleh sistem operasi Microsoft multipoint server 2010 yang bisa memungkinkan untuk menyambung ke komputer. Tanpa melalui koneksi USB. Selain itu hp ini juga memiliki kelebihan seperti hemat energy, hemat biaya pemeliharaan, ringkas tempat dan tidak perlu karyawan TI.

Hp ini juga menawarkan t200 Zero Client for Multiseat. Ini sangat memudahkan penggunanya dalam mengakses beberapa informasi. Dengan t200 yang dikoneksikan via USB secara PnP 9plug and play) atau via kabel LAB sampai sepanjang 200 meter pengguna dapat secara simultan mengakses aplikasi yang berbeda-beda hanya dari satu PC. Contohnya saja jika kita membutuhkan 14 pC maka kita tidak harus menyediakan 14 PC dengan 14 power supply yang bisa menghabiskan daya 200 watt. Dengan menggunakan Zero Client, biaya setup jadi terpangkas dikarenakan PnP tidak perlu buka box untuk pasang kartu PCI dan tidak perlu pusing tentang kompatibilitas software. Ini adalah solusi fully OEM licensed pertama di dunia dan didukung oleh Microsoft.

Hp ini selain untuk dunia pendidikan juga ideal bagi SMB (Small Medium Business), kafe internet, warnet, agen perjalanan dengan lima karyawan, klinik kesehatan dan rumah sakit kecil, maupun stasiun kereta Api ataupun bandara yang ingin menarik pelanggan agar lebih banyak. Hp zero client ini juga menyediakan wifi yang dpat digunakan untuk mengirim ataupun menerima email dan sekadar browsing seperti biasanya. Hp ini meruapakn klien pertama yang bebas BFR/PVC dan mempunyai lima port USB dan fitur pengaman berupa security loop.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …