Home >> Blogging >> Khasiat dan Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan
Manfaat sarang walet untuk kesehatan
Sarang Walet

Khasiat dan Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan

Sarang burung walet (Birdnest) sudah beratus-ratus tahun yang lalu dianggap menjadi makanan lezat yang mengandung banyak gizi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Sarang walet memang terkenal memiliki banyak kandungan berkhasiat dan bermanfaat untuk tubuh.

Sarang burung walet terbuat dari air liur walet (saliva) yang bentuknya seperti agar-agar (gelatin) dan aromanya seperti putih telur. Sarang walet biasanya diolah menjadi masakan sup maupun menjadi minuman.

Sarang walet saat ini kebanyakan dihasilkan oleh pembudidaya burung walet dengan membudidayakannya di gedung-gedung atau dikenal dengan sarang walet rumahan. Namun, tidak sedikit pula sarang walet didapatkan dari gua-gua alam.

Khasiat sarang walet untuk kesehatan
Sarang Walet

Dari segi manfaatnya pastinya sama-sama memiliki banyak khasiat, akan tetapi dari segi harga sarang burung walet rumahan cenderung lebih tinggi jika dibandingkan dengan sarang burung walet gua. Hal ini dikarenakan sarang burung walet rumahan memiliki bentuk yang lebik baik daripada sarang burung walet gua.

Ada banyak macam jenis sarang burung walet, misalnya saja sarang putih, sarang hitam, sarang rumput, sarang lumut, dan sarang merah. Untuk mendapatkan sarang merah cukup sulit, karena sarang merah kebanyakan ada pada saat musim penghujan dengan kelembaban udara yang sangat tinggi.

Kandungan manfaat sarang walet yaitu sarang walet mengandung 17 asam amino esensial, semi-esensial, dan non-esensial. Di dalamnya juga terdapat 6 mineral penting seperti kalium, kalsium, magnesium, besi, phospor, dan natrium. Mansing-masing minerel memiliki manfaat penting yang berbeda-beda.

Di dalam sarang walet terdapat glikoprotein yang memiliki manfaat untuk membantu sel-sel dan jaringan-jaringan baru yang berfungsi dalam sistem metabolisme tubuh, sehingga tubuh akan lebih sehat dan jarang terkena penyakit.

Sarang walet juga biasa digunakan di dunia kecantikan, yaitu untuk menghaluskan dan membuat kulit lebih sehat. Sarang walet mampu mencegah penuaan dini dann munculnya keriput pada kulit. Orang yang rutin mengkonsumsi sarang walet akan terlihat lebih muda dan memiliki kulit yang sehat dari dalam.

Sudah banyak yang membuktikan khasiat dan manfaat yang terdapat ada sarang walet. Meskipun harganya tergolong tinggi, akan tetapi manfaat yang didapat juga sangat banyak, karena itu sarang walet terus diminati dan dicari-cari banyak orang.

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • Manfaat sarang walet lumut

About Fajar Setiyoko

Check Also

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh

Pernahkan Anda mendengar tentang sarang burung walet? Sarang burung walet nilai harganya terkenal tinggi, dan …