Home >> Teknologi >> Komputer Dekstop
Komputer Dekstop

Komputer Dekstop

Di era tahun 90-an komputer desktop atau komputer meja merupakanjenis komputer yang paling populer, selain karena memang pada saat itu jenis komputer desktop memang paling populer juga karena komputer jenis lain seperti laptop atau komputer portabel hanya digunakan oleh kalangan tertentu dan belum diproduksi secara massal sehingga membuat harganya sangat mahal. Komputer desktop memiliki tampilan umum dimana monitor, CPU, papan ketik terpisah satu sama lain diletakkan secara berdekatan diatas meja dan memakan cukup banyak tempat. Hal ini karena antara monitor, CPU, dan papan ketik belum terintegrasi satu sama lain. Jadi bila dibandingkan dengan komputer jinjing atau laptop maka komputer desktop ukurannya relatif lebih besar dan menggunakan banyak tempat dan kabel.

Alasan Masih Menggunakan Komputer Dekstop

Komputer desktop dirancang untuk diletakkan di atas meja dan dapat digunakan di rumah dan kantor. Namun seiring dengan perjalanan waktu saat ini komputer meja ini sudah mulai ditinggalkan oleh para pengguna IT yang lebih memilih menggunakan laptop untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan dan tugas sekolah atau kampus. Namun tak dapat dipungkiri masih banyak laboratorium komputer di sekolah, kampus, tempat kursus, warnet, serta kantor baik instansi swasta maupun negeri masih menggunakan komputer desktop.

Berikut beberapa alasan mengapa masih banyak orang lebih memilih menggunakan Komputer desktop, yaitu :

1.     Harganya lebih murah bila dibandingkan dengan laptop (komputer jinjing/portabel) dengan spesifikasi yang hampir sama.

2.     Sulit dipindahkan kemana-mana, sehingga bila Ada yang berpikiran negatif untuk mencuri komputer jenis ini akan mengalami kesulitan karena ukurannya lebih besar dan berat.

3.     Lebih mudah terintegrasi antara satu komputer dengan komputer lainnya karena kabel dan HUB tidak akan dicabut-cabut.

4.     Saat ini sudah banyak diciptakan varian monitor dan CPU yang ukurannya lebih tipis dan kecil, sehingga tidak menggunakan tempat terlalu banyak

5.     Lebih cocok digunakan di kantor, kampus, dan sekolah karena memang dirancang untuk diletakkan dan digunakan pada satu tempat.

Kelima hal tersebut diatas merupakan alasan yang membuat komputer desktop masih merupakan pilihan utama untuk aktivitas dalam satu tempat untuk pekerjaan dan aktivitas yang tetap pula.

Namun bagi Anda yang memiliki aktivitas yang padat dan lebih banyak diluar kantor atau rumah maka lebih disarankan untuk menggunakan komputer jinjing karena lebih mudah dibawa kemana-mana dan lebih ringan, apalagi saat ini lebih banyak varian merk dan ukuran komputer portabel (laptop) yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda.

Komputer Dekstop Terkecil Didunia

Seiring dengan kemajuan teknologi baru-baru ini telah diluncurkan komputer desktop terkecil didunia, disebut terkecil karena ukurannya yang hanya seukuran saku celana Anda. Namun walaupun berukuran kecil kinerja yang dijanjikan oleh komputer desktop mini bernama ICE xPC ini cukup tinggi, hal ini karena didukung oleh tenaga dari prosessor Intel Haswell.

Komputer desktop mini ICE xPC ini tersedia dalam beberapa varian prosessor yaitu Intel Core I3 dan Core I5, dan yang pasti lebih hemat energi, dingin, kinerja yang cukup tinggi, sangat kompatibel dengan sistem operasi windows, dan menyediakan docking khusus untuk menghubungkannya dengan mouse, keyboard, serta monitor.

Jadi bukan laptop atau smartphone saja yang terus berkembang akan tetapi komputer desktop juga mengalami perkembangan yang cukup signifikan dari tahun ketahun. Jadi bagaimana dengan Anda. Apakah akan memakai komputer jinjing atau komputer desktop mini?

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …