Home >> Bisnis >> Kopdar Lamongan : Bisnis Ala Blogger Siapa Takut ?
Kopdar Blogger Lamongan

Kopdar Lamongan : Bisnis Ala Blogger Siapa Takut ?

Blogger, seorang yang suka menulis dan memiliki blog sebagai tempat untuk mengisi curhatan dan berbagai cerita yang ingin dishare. Kebanyakan tulisan dari Blogger adalah hasil buah pemikiran dan tambahan dari berbagai sumber yang ingin di informasikan kepada khalayak umum. Tujuannya bukan hanya mengejar trafik atau pengujung website yang bejibun. Tapi kepuasan karena memberikan informasi yang berguna itulah yang ingin diberikan dan menjadi salah satu tolak ukur seorang Blogger. Namun bagaimana jadinya jika Blogger ingin bertranformasi menjadi seorang Pebisnis?

Jawabannya sangat mudah dan simple, pada acara kopdar di suatu daerah terpencil dipedalaman kota berkembang bernama Lamongan, sekumpulan anak muda dan bapak juga sih, memperbincangkan tentang mindset menjadi pebisnis yang didasari dari Blogger. Pada dasarnya seorang blogger menunggu sesuatu, baik menunggu gajian yang didapatkan dari adsense, ataupun dari berbagai bisnis online seperti PPC, PPA dan lain sebagainya. Untuk dasar bisnis pada Internet yang akan kami bangun adalah jenis toko online, dimana berbagai aspek akan memberikan efek yang besar pada pertumbuhan bisnis. Namun salah satu yang penting dan tidak boleh diabaikan adalah jenis promosi yang bisa dilakukan lewat media internet khususnya SEO (Search Engine Optimation)

Kopdar Asyik Blogger Lamongan: Road To Business

Oia, untuk awal akan kami perkenalkan ya, yang disebut mereka siapa aja. Kopdar ini dilakukan oleh temen temen dari berbagai kota di Jawa Timur, sebut saja pak Fauzan dari kota Jombang tepatnya di Sumobito, mas M. Zahri dari kota Tulung Agung, diikuti oleh pak Rozy dari daerah Kediri, dan yang terakhir diikuti oleh mas Aris Joko Setiawan dari kota Malang nan sejuk. Mereka berkumpul untuk saling berbagi cerita suka duka dan tentunya memberikan suntikan semangat kepada masing masing individu bahwa ada jalan lain menuju sukses lewat Bisnis Internet yang bernama Toko Online.

Kopdar yang dilakukan di bulan Januari ini memang tidak disangka, namun hasil yang didapatkan sungguh luar biasa. Tidak hanya saling memberikan sesuatu yang berbeda, tapi masing masing individu memiliki cerita tersendiri dibalik perjuangan didunia internet. Namun kali ini mindset mereka yang sebelumnya mindset masih belum terarah dan hasil dari tidak focus sehingga selama dua tahun tidak menghasilkan sesuatu yang optimal. Akhirnya di acara kopdar ini, dengan dipandu oleh mastah yang sudah melalang buana dujagat SEO, mereka akhirnya mendapatkan pecerahan. Baik dari segi mindset bisnis Online, cara berbisnis online hingga bagaimana membuat usaha dengan dasar dari Blogger, menarik bukan?

Perjuangan Blogger Jadi Pebisnis Mudah Tapi Sulit

Bagi seorang Blogger yang notabennya setiap hari membuat tulisan, maka jika tidak menulis maka tangan akan merasa gatal. Dengan menggunakan keuntungan inilah mereka akhirnya membuat kesepakatan bahwa bisnis bisa dimulai dari blogger. Namun perjuangan menjadi pebisnis tidak lah semulus yang dirasakan.

Inilah beberapa suka duka bloger yang memulai usaha Online bernama Toko Online:

  • Dicap sebagai orang kamar, hal ini pernah saya rasakan bahwa toko online yang dibangun tidak bisa dengan sekejap menjadi ramai atau langsung ada penjualan. Ada step by step yang perlu dilalui agar barang yang dijual dapat ditemukan oleh pengunjung dan salah satunya adalah dengan melakukan SEO. Biasanya untuk mereka yang focus SEO selalu mengerjakan apa pun didepan laptop dikamar merek dan jujur saja, saya pernah di cap sebagai anak kamar ketika saya diasrama.
  • Tidur Malam sudah biasa, berbeda dengan teman anak muda yang biasa tidur malam karena bersama teman temannya cangkruk di warung atau café. Bloger yang membangun usaha rela tidur larut untuk menyelesaikan deadline yang dibuatnya.
  • Seorang blogger disiplin dan harus disiplin, sama halnya dengan owner usaha yang ingin usahanya laris, bloger yang memulai usaha pada bisnis internet memiliki tugas yang harus diselesaikan pada hari itu. Biasanya jadwal yang sudah ditetapkan menjadi janji yang harus ditetapi setiap hari, jika tidak bisa di lakukan maka diri sendiri yang akan memberikan hukuman.
  • Memikirkan stok barang, supplier dan pengiriman barang, hal yang pertama dibingungkan oleh blogger yang terjun pada bisnis toko online adalah kemampuan untuk memanajemen stok dan mengetahui supplier yang dibutuhkan. Keduanya memang tidak bisa diterawang namun harus memerlukan action dan jam terbang tinggi untuk mengetahui celahnya.

Untuk memulai suatu usaha atau bisnis, apapun itu. Hal yang perlu anda lakukan setelah riset adalah lakukan atau bahasa kerennya “DO IT”. Lakukan sesuai dengan kemampuan anda, jika anda menemui kesulitan maka jangan malu untuk bertanya kepada teman anda, rekan kerja atau pun senior anda untuk mendapatkan pencerahan.

Salam Blogger Sukses dari Lamongan.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …