Home >> Teknologi >> Macam dan Fungsi Hardware Komputer
Hardware Komputer

Macam dan Fungsi Hardware Komputer

Hardware komputer merupakan perangkat keras yang memiliki berbagai macam fungsi dan jenisnya. Nah, jika Anda ingin mengetahui apa saja macam perangkat keras beserta fungsinya, mari kita simak ulasan ini.

Monitor

Monitor merupakan perangkat keras komputer yang mampu menghasilkan gambar atau proses suatu program dari komputer yang menyediakan informasi lengkap dari setiap data yang Anda inginkan. Dengan memanfaatkan monitor, Anda dapat melihat hasil kerja Anda dengan mudah dan dapat mengkoreksi pekerjaan yang Anda lakukan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.

Central Processing Unit (CPU)

CPU merupakan alat pengendali proses kinerja komputer dimana Anda dapat menerapkan berbagai macam instruksi program pada komputer. Anda mampu mengelola aktivitas dan kinerja komputer dengan memberikan perintah yang dapat menentukan hasil akhir dari pekerjaan Anda nantinya. Alat pengelola program inilah yang menjalankan berbagai macam program yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan yang Anda lakukan.

Printer

Printer merupakan alat pencetak yang mampu mencetak tulisan, foto, atau data lainnya pada kertas. Dengan alat ini, Anda mampu melihat hasil pekerjaan Anda dalam bentuk asli di atas kertas dengan langsung. Biasanya, alat printer modern saat ini dilengkapi dengan scanner yang merupakan alat untuk mengkopi dari data suatu kertas pada bentuk softfile yang mampu masuk dalam komputer. Dengan alat ini, Anda mampu melihat hasil pekerjaan Anda dalam bentuk softfile di monitor komputer.

Mouse

Untuk mengarahkan tempat yang Anda tuju di monitor, Anda dapat memanfaatkan hardware komputer ini. Benda yang bermanfaat untuk menunjuk posisi pointer pada layar komputer ini mampu memudahkan Anda dalam memilih data mana yang ingin Anda buka dan mengoreksi kesalahan yang Anda buat pada pekerjaan yang Anda lakukan.

Keyboard

Keyboard berguna untuk mengetik atau memasukkan angka, huruf, dan karakter khusus yang dapat Anda masukkan pada komputer. Selain itu, keyboard dapat membantu Anda dalam melakukan perintah perintah untuk menjalankan pada program yang sedang Anda jalankan. Contohnya, penggunaan keyboard ini dapat dimanfaatkan untuk membuka dan menyimpan file.

Modem

Modem dimanfaatkan untuk berkomunikasi dua arah pada jaringan internet. Dengan menggunakan hardware ini, Anda mampu mengakses berbagai macam informasi terbaru di Internet dengan mudah. Anda hanya perlu mencolokkannya di komputer Anda dan menginstall program yang mampu menjalankan modem tersebut di komputer.

Speaker

Speaker merupakan perangkat audio yang di pasang pada komputer. Dengan menggunakan alat ini, Anda mampu menikmati berbagai music dengan pengaturan volume suara yang Anda inginkan.

Harddisk

Komputer sangat membutuhkan benda ini. Anda dapat menggunakan hardware komputer ini sebagai tempat penyimpanan data komputer dan sistem operasi. Selain itu, Anda dapat menggunakan harddisk ini sebagai booting komputer.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …