Home >> Umum >> Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh
Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh
Sarang Walet

Manfaat dan Khasiat Sarang Walet untuk Tubuh

Pernahkan Anda mendengar tentang sarang burung walet? Sarang burung walet nilai harganya terkenal tinggi, dan karena itu mungkin banyak di antara kita yang baru melihatnya akan tetapi belum pernah mencicipinya.

Semenjak satu abad yang lalu sarang burung walet sudah dimanfaatkan sebagai makanan yang bergizi dan juga sebagai obat karena mempunyai kandungan manfaat yang besar sekali untuk menunjang dan menjaga kesehatan tubuh.

Awalnya pertama kali sarang walet mulai dikenal di tahun 1589 ketika Jendral Cheng Ho berlabuh dan membawa oleh-oleh dari Indonesia makan yang terbuat dari sarang walet untuk diberikan sebagai hadiah untuk Kaisar Dinasti Ming.

Pada zaman dulu hidangan yang dihasilkan dari sarang walet seperti halnya sup sarang walet yang kemudian menjadi hidangan kegemaran di kalangan keluarga kerajaan, yang telah menjadi hidangan yang sangat spesial dan tinggi harganya.

Kandungan Manfaat dalam Sarang Walet

Sarang walet yang terdiri dari air liur walet berupa gelatin (seperti agar-agar), baunya seperti telur putih ini , memiliki banyak manfaat seperti menghaluskan kulit dan menjadikan hasil warna kulit yang bersih bersinar dari dalam, tidak hanya itu saja masih banyak manfaat yang bisa didapat dari sarang walet, masih banyak manfaat dan khasiat sarang walet yang lainnya.

Air liur burung walet, terdiri glyco-protein yang jumlahnya sekitar 50% yang dapat membantu dalam produksi sel-sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh. Sehingga sarang walet dapat meningkatkan dan menjaga tubuh kita untuk tetap sehat.

Berdasarkan penelitian energi yang terdapat dalam 100g sarang walet atau sekitar 12 keping besar sarang walet adalah sebanyak 345 kilo kalori kandungan protein yang terdapat dalam sarang walet sebanyak 85% dan 0,3% lemak. Mineral yang terdapat di dalam sarang walet meliputi zat besi, kalsium, asam amino seperti amida, humin, arginin, sistin, histidin dan lisin.

Sarang walet diketahui terdapat kandungan sekitar 17 asam amino esensial, semi esensial, dan non-esensial. Dan berdasarkan riset tidak lama ini yang sudah dilakukan, sarang walet dapat dimanfaatkan untuk melawan sakit kanker dan stroke.

Mineral-mineral yang terkandung pada sarang walet sangat mujarab untuk mendukung kinerja tubuh. Terkandung 6 mineral bermanfaat penting seperti besi, kaslium, phospor, kalium, dan natrium, yang masing-masing mempunyai peranannya sendiri, misalnya di dalam tubuh, kalsium mempunyai peran menopang proses pembentukan tulang.

Protein yang terkandung dalam sarang walet di dalam tubuh memiliki fungsi renegenerasi yaitu menghasilkan sel-sel dan jaringan baru serta memiliki peran aktif di sistem metabolisme tubuh.

Khasiat sarang walet dapat meningkatkan kinerja paru-paru, meredakan sakit batuk, membersihkan darah kotor, dan mengembalikan stamina setelah sakit. Selain itu, sarang walet dapat menyembuhkan asma, meningkatkan kerja otak, meningkatkan daya ingat, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kinerja jantung, memperlancar peredaran darah serta untuk memperlambat proses penuaan.

Other articles you might like;

About Fajar Setiyoko

Check Also

Manfaat sarang walet untuk kesehatan

Khasiat dan Manfaat Sarang Walet untuk Pengobatan

Sarang burung walet (Birdnest) sudah beratus-ratus tahun yang lalu dianggap menjadi makanan lezat yang mengandung …