Home >> Events >> Mengenal Bisnis Online dan Cara Membangunnya – Kopdar Lamongan 17 Januari 2016
Mengenal Bisnis Online dan Cara Membangunnya
Mengenal Bisnis Online dan Cara Membangunnya

Mengenal Bisnis Online dan Cara Membangunnya – Kopdar Lamongan 17 Januari 2016

Mengenal Bisnis Online dan Cara Membangunnya

Secara tidak sadar, perkembangan internet di indonesia semakin tahun akan semakin berkembang pesat. Bisa kita lihat bersama pada era tahun 2007, akses internet hanya ada di beberapa rumahan atau bahkan perkantoran saja. Sehingga banyak para penyedia jasa jaringan seperti warnet berlomba-lomba mencari keuntungan dengan memfasilitasi masyarakat yang sangat ingin menggunakannya. Dan itupun biaya yang mereka patok tidaklah murah.

Dengan perkembangan internet yang semakin pesat dari tahun ke tahun, banyak hal yang bisa kita jadikan peluang didalamnya adalah dengan membangun sebuah bisnis online yang tentunya bisa bermanfaat bagi kita kedepannya. Sebab bisnis online atau bisa juga disebut dengan bisnis internet memang sedang booming di beberapa tahun terakhir.

Bila kita lihat bersama di jagat internet, banyak sekali orang yang menawarkan jenis-jenis bisnis dari internet tersebut, tak jarang pula ada beberapa yang memberikan janji berpenghasilan yang sangat besar. Sehingga tak sedikit pula para peselancar dunia maya tertarik untuk terjun didalamnya dan dengan dalih, mereka bisa menambah gendut rekening bank baik berisikan rupiah maupun menghasilkan pundi-pundi dollar.

Nah sobat, sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah, “ bagaimana sih caranya kita memulai bisnis online, sehingga bisa sukses dan menghasilkan ? “

Berikut ada beberapa hal yang mungkin bisa sobat ikuti kala membangun sebuah bisnis online berjangka panjang dan tentunya disertai dengan beberapa keterangan sehingga dapat mempermudah sobat dalam mencerna tulisan yang kami buat ini.

Tips Membangun Bisnis Online Bagi Pemula

  1. Membuat Sebuah Ide Bisnis

Memang setiap pekerjaan apalagi bisnis harus memiliki perencanaan yang matang dan hebat. Memikirkan sebuah konsep ide yang cemerlang. Banyak hal yang tentunya di internet bisa kita jadikan ladang bisnis seperti menjadi seorang blogger yang memberikan tips dan trik bermanfaat dan bermintra dengan Google untuk mendapatkan pundi-pundi dollar, atau orang internet lebih mengenalnya sebagai Adsense.

Selain menjadi seorang Blogger, ada satu lagi yang juga masih bekerjasama dengan Google yaitu Youtuber atau pengguna setia video streaming Youtube. Bagi Anda yang sangat hobi membuat video yang bagus, lucu serta bermanfaat. Tidak ada salahnya bila Youtuber ini menjadi modal awal dalam membangun sebuah bisnis online. Sebab youtube ini per harinya bisa ada jutaan bahkan ratusan juta orang melihat video disana.

Selain beberapa hal yang kami sebutkan diatas, bila Anda bergerak di bidang jasa atau jual beli. Maka Anda juga bisa kok memanfaatkan internet sebagai sarana promosi produk Anda sobat. Untuk promosi Anda bisa menggunakan beberapa media seperti facebook, instagram, twitter atau Anda membuat sebuah website dengan tampilan toko online, sehingga sang pencari jasa atau barang bisa mudah dalam hal pemesanan dan pembayaran.

  1. Tetap Fokus Pada Pekerjaan

Fokus kami rasa adalah salah satu hal yang tidak bisa kita pisahkan dari pekerjaan sehari-hari, baik itu urusan dunia nyata maupun dibidang online. Didalam dunia nyata, sebuah fokus pada pekerjaan kedepannya pasti akan memberikan efek yang sangat dahsyat dalam masalah keberhasilan. Hal tersebut juga pasti terjadi bila kita benar-benar bisa menjalankannya, apalagi di dunia maya yang untuk fokus adalah hal yang sangat-sangat banyak sekali rintangannya seperti adanya facebook, youtube dan hiburan-hiburan lain didalamnya.

Fokus pada sebuah pekerjaan disini adalah, Anda jangan sampai patah semangat ketika hal yang Anda yakini untuk bisa sukses belum tercapai. Tentukan target Anda dari awal akan terjun membangun bisnis dan jangan terpengaruh dengan kesuksesan orang lain. Seperti jika Anda bergelut dengan jual beli barang atau membangun usaha toko online ada teman atau rekan yang membuat status bagaimana gurihnya bermain adsense dengan penghasilan ribuan dollar per bulannya, Anda ikut-ikutan main didalamnya.

Atau ada juga teman yang bermain youtube dan memberikan keterangan bahwa betapa gurihnya dollar youtube, kemudian Anda juga ikut bermain youtube. Padahal diawal ide bisnis yang Anda geluti adalah toko online. Sehingga bukannya toko jadi berkembang pesat, namun malah jadi terkesampingkan akibat kegagalan fokus kita terhadap salah satu pekerjaan yang kita yakini diawal.

Sedikit saran saja, jika Anda menginginkan sebuah kesuksesan pada dunia maya seperti membangun bisnis di internet. Maka kunci utama adalah fokus, kemudian setelah bisa berhasil, maka Anda bisa menduplikasi kesuksesan tersebut di bidang lain dengan cara seperti yang Anda lakukan di awal. Jangan takut mencoba dan terus koreksi diri dengan kegagalan yang ada.

  1. Jadikan Pelanggan Sebagai Raja

Jika sebagian dari Anda membangun sebuah bisnis sudah mendapatkan pelanggan atau klien, maka jadikan pelayanan pada pelanggan serta kepuasan pelanggan menjadi salah satu prioritas utama. Sebab sebuah bisnis tidak akan bisa berjalan secara hebat jika tidak ada atau tanpa seorang pelanggan. Jika sang pelanggan suka dengan pelayanan kita, maka terjadinya repeat order akan semakin berpeluang besar dalam kesuksesan bisnis.

Begitu juga jika anda bermain Adsense, berilah tips dan trik yang bermanfaat bagi mereka sang pencari informasi. Sehingga halaman website anda bisa viral dan dikenal orang orang banyak. Alhasil, pendapatan pun akan semakin bisa anda rasakan.

  1. Lupakan Kesempurnaan dan Jangan Sombong

Setelah bisnis berjalan dengan lancar atau bahkan disaat Anda memuali membangun bisnis maka Anda harus membuang jauh-jauh perasaan sombong dan kata sempurna nya saya didalam diri Anda. Tetap ingat terhadap sang pencipta dengan selalu minta petunjuk dan tawakal mendekatkan diri kepadanya.

Ingatlah bahwa, setiap langkah yang kita gerakkan, nafas yang setiap detik kita hirup atau kekuatan yang kita miliki bersumer darinya. Selalu dekatkan diri kepada sang pencipta, agar kita juga bisa didekati oleh dia. Apapun usaha dan kerja kerasa Anda, bila Allah tidak mengizinkan terjadi, maka itupun akan sangat sulit terjadi. Kalau istilah orang jawa bilang “Karekso’o karo seng nggae urep”, dan itu benar adanya.

  1. Banyak Berbagi atau Sodakoh dengan Sesama

Ada sebuah dalil di alhadis yang menyebutkan bahwa, setiap kita sodakoh, maka Allah akan memberikan balasan yang lebih besar lagi dari apa yang kamu berikan. Dan hal ini sangat berpengaruh terhadap kelangsungan sebuah bisnis online. Jangan segan-segan untuk menyisishkan sebagian dari penghasilan Anda bagi mereka yang membutuhkan. Kalau orang internet marketing menyebutnya sebagai “backlink gaib”.

Percayalah bahwa, semakin banyak Anda melakukan sodakoh, Anda bukan menjadi semakin lebih miskin atau kehilangan, bahkan semakin banyak Anda memberikan sodakoh, maka pemberian yang Allah berikan akan semakin besar pula dari pada apa yang telah Anda berikan tersebut.

  1. Restu dari Orang Tua

Jangan sepelekan restu dari kedua orang tua kita terutama sang ibunda. Sebab dari rahim dan kekuatan beliaulah kita bisa terlahir di dunia ini. Lewat didikan dan tuntunan beliau kita bisa menjadi sebesar ini. Tanpa jasa beliau, kita bukanlah apa-apa. Maka setiap Anda membangun sebuah bisnis, jangan lupakan selalu meminta izin kepada beliau. Katakan apa yang hendak Anda lakukan kedepannya dan ceritakan kepada beliau masalah bisnis yang Anda bangun. Serta mintalah doa kepada beliau, agar selalu diberi kebarokahan dalam menjalankannya. Sebab doa seorang ibu akan langsung didengan oleh Allah dan juga sebaliknya, murka dari seorang ibu juga akan di dengar oleh Allah tanpa ada batas di antaranya.

Demikian sobat sedikit hal yang bisa kami sampaikan mengenai bagaimana cara agar kita bisa mengenal bisnis online dan cara membangunnya. Mudah-mudahan beberapa hal yang kami tulis diatas bisa menjadi acuan dalam pembangunan sebuah bisnis yang nyata bagi Anda kedepannya. Selalu banyak belajar, koreksi diri dan minta pendapat orang lain, agar apa yang kita jalani ini bisa terus berkembang, berbuah dan ber barokah baik bagi keluarga, bangsa dan agama. Amiin.

Other articles you might like;

About Zahri Fadillah

Check Also

Zahri Fadillah Blogger Manshurin Tulungagung

Assalamualaikum sobat ! mudah-mudahan sobat manshurin selalu diberikan kesehatan, kewarasan serta nikmat dari Allah ya. …