Home >> Teknologi >> Hardware >> Mengenal Lebih Dekat UPS
UPS

Mengenal Lebih Dekat UPS

Saat mengerjakan tugas sekolah, kuliah atau kantor dengan komputer tiba – tiba terjadi pemadaman listrik tanpa pemberitahuan terlebih dahulu ini akan membuat daya yang mengalir ke komputer terputus dan bisa membuat tugas yang dikerjakan tersebut hilang. Aliran listrik yang mendadak mati ini tidak hanya berakibat hilangnya data tetapi juga bisa membahayakan komponen elektronik yang ada di dalam komputer.

Jika hal demikian terjadi berulang – ulang maka akan membuat komponen vital di dalam komputer khususnya komponen yang ada di atas motherboard bisa mengalami kerusakan permanen. Otomatis komponen tersebut harus diganti atau berita buruknya motherboardpun juga harus ikut diganti.

Biaya untuk membeli perangkat yang baru ini tidaklah sedikit. Untuk harga motherboard biasa masih diatas kisaran harga 400 ribu. Sebenarnya untuk komponen bukan menjadi masalah yang berarti tapi kalau file atau dokumen penting yang hilang akibat listrik padam ini yang lebih parah. Jika data tidak keburu disimpan sebelumnya maka harus membuat lagi data dari awal. Untuk mengantisipasi listrik padam mendadak sebaiknya menggunakan UPS.

Apa itu UPS?

Bagi yang belum tahu apa itu UPS atau mugkin malah belum pernah mendengarnya, berikut ini ada ulasan singkat tentang UPS untuk anda.

UPS atau Uninterruptable Power Supply adalah perangkat elektronik yang bisa membantu menyuplai listrik disaat terjadi pemutusan listrik secara mendadak dari sumber listrik utama. Namun UPS memiliki kapasitas yang tidak begitu besar sehingga dia hanya berfungsi untuk mengalirkan listrik sementara.

Kenapa harus pakai UPS, kalau di rumah ada genset?

Beberapa orang memiliki genset sebagai penyuplai listrik disaat terjadi pemadaman listrik. Genset ini kan baru dinyalakan setelah listriknya mati. Kalau disaat mengerjakan tugas dengan komputer tiba – tiba listrik mati, komputer kan ikut mati. Komputer baru bisa nyala kalau genset baru dinyalakan.

Tetapi kalau punya UPS di rumah, kalau listrik tiba – tiba mati komputer yang sudah terpasang UPS tidak akan mati. Nah setalah itu baru genset dinyalakan. Maka data atau tugas yang sedang anda kerjakan dengan komputer juga akan tetap aman.

Fungsi UPS:

  1. Memberikan suplai listrik sementara ketika terjadi kegagalan listrik utama
  2. Memberikan waktu untuk menyalakan genset ketika terjadi pemadaman listrik
  3. Memberikan waktu untuk melakukan back up data dan mematikan komputer sesuai prosedur mematikan komputer yang benar
  4. Mengamankan hardware komputer, program atau aplikasi akibat daya listrik yang mendadak terputus
  5. Menstabilkan tegangan listrik dari input ke output

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …