Home >> Teknologi >> Mengenal Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah Perkembangan Komputer

Mengenal Sejarah Perkembangan Komputer

Komputer Beda Generasi

Komputer adalah kebutuhan pasti dari setiap masyarakat modern sekarang ini. Dapat dikatakan bahwa hampir semua masyarakat modern diseluruh dunia memiliki kebutuhan tersendiri akan komputer. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, ada banyak sekali hal yang harus dipertimbangkan untuk mengetahui perkembangan komputer dari generasi ke generasi. Pada setiap generasi, tentu saja memiliki kemampuan yang berbeda dan juga efesiensi yang berbeda pula. Kemudahan untuk penggunaan komputer juga akan berbeda pada tiap generasinya. Di artikel ini akan saya bahas 2 generasi utama sejarah perkembangan komputer dunia. Ini tentu saja akan berpengaruh pada bagaimana caranya untuk memastikan bahwa komputer sebelum membeli, Anda mengetahui kebutuhan Anda terlebih dahulu.

Perkembangan Komputer Tiap Generasi

Yang pertama adalah mengenai sejarah perkembangan komputer pada generasi pertama. Awal mula diciptakan komputer ini adalah pada saat terjadinya PD II atau perang dunia kedua. Semua negara yang terlibat pada perang dunia tersebut berusaha mengembangkan komputer guna mengeksploitasi segala potensi yang dimiliki alat tersebut. Karena itulah mereka mencoba meningkatkan pendanaan guna melakukan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknologi komputer itu sendiri. Ada juga pada tahun 1941, seorang insinyur dari Jerman yang mana membangun sebuah komputer Z3 yang digunakan pada pesawat terbang serta peluru kendali. Nama insinyur tersebut adalah Konrad Zuse. Namun pihak sekutu juga tak mau kalah karena mereka juga membuat perkembangan pada komputer di tahun 1943. Ini dari pihak Inggris yang mana berhasil membuat komputer pemecah kode rahasia yang diberi nama Colossus. Tujuannya adalah untuk memecahkan kode rahasia yang dipergunakan oleh Jerman.

Tentang sejarah perkembangan komputer generasi pertama, ini diikuti dengan terciptanya komputer yang mana disebut ENIAC. Komputer ini faktanya dibuat oleh pemerintah AS yang juga bekerja sama dengan universitas Pennysylvania. Ini dibuat pada tahun 1946. Produk tersebut memiliki 18 riu tabung vakum, 5 juta titik solder, dan juga 70 ribu resistor. Ini adalah mesin yang amat besar dan juga memangkas penggunaan listrik sebesar 160 kW. Para perancang mesin ini adalah John W. Mauchly, dan John P.Eckert. Mengenai kinerja, komputer ini 1000 kali lebih cepat bila dibandingkan dengan Mark 1. Kemudian yang berikutnya adalah komputer generasi kedua. Untuk komputer generasi ini, bahasa mesin yang disertakan adalah assembly.

Assembly merupakan kode-kode yang berupa singkatan guna menggantikan kode biner. Dengan penggunaan komputer tersebut, sudah banyak hal yang dapat dilakukan seperti menghitung daftar gaji, mendesain produk, dan lain sebagainya. Ada ciri-ciri yang menyertai produk tersebut yaitu ukuran fisik yang lebih kecil dibandingkan generasi pertama, penggunaan memori yang cukup besar, media penyimpanan yang lebih baik, proses operasi yang lebih cepat, dan masih banyak lagi. Beberapa contoh komputer generasi kedua adalah IBM 7080, UNIVAC SS90, dan lain-lain.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …