Home >> Teknologi >> Mengenal Topologi Jaringan Secara Mendasar
Topologi Jaringan

Mengenal Topologi Jaringan Secara Mendasar

Jenis-Jenis Topologi Jaringan Dasar

Sudah banyak orang yang mengenal apa itu yang disebut dengan Topologi Jaringan. Sudah banyak sekali jenis dari topologi jaringan yang dapat Anda pelajari. Ada beberapa yang hendak saya bahas disini. Yang pertama adalah topologi jaringan bus. Jenis topologi ini memiliki dan menggunakan kabel tunggal. Ini berarti keseluruhan komputer akan saling berhubungan secara langsung dan hanya menggunakan satu kabel saja. Disini kabel yang menghubungkan jaringan tersebut adalah jaringan yang mana berjenis kabel koaksial dan akan dilekatkan dengan menggunakan konektor T. Guna memaksimalkan penggunaan jaringan tersebut, akan lebih bak untuk menggunakan kabel Fiber Optik karena aspek kestabilan dan juga resistensi yang handal. Ini berarti akan mampu untuk mengirimkan data dengan lebih baik.

Pengetahuan Lebih Jauh

Ada beberapa kelebihan yang dipunya dari jenis Topologi Jaringan Bus. Yang pertama adalah mudahnya untuk dikembangkan, tidak perlunya kabel yang terlalu banyak, hemat biaya pemasangan, dan lain sebagainya. Meskipun memiliki banyak kelebihan, topologi jaringan ini juga memiliki kelemahan yaitu ketidakstabilan. Ini berarti bila salah satu komputer terganggu, maka jaringan juga akan terganggu pula. Tingkat deteksi kesalahan yang dimiliki topologi jenis ini juga masih tergolong kecil. Ada juga kelemahan seperti sulitnya mencari gangguan pada jaringan yang ada. Tingkat lalu lintas yang tinggi atau sering juga akan berakibat pada antrian data. Ada juga kelemahan seperti pada diperlukannya repeater untuk penggunaan jarak jauh.

Selanjutnya adalah jenis Topologi Jaringan ring. Jenis ini memerlukan seluruh komputer untuk dihubungkan menjadi satu dan membentuk lingkaran atau ring yang tertutup. Ini nantia akan dibantu dengan penggunaan Token yang mana berisi informasi yang berasal dari komputer sumber yang akan memeriksa apakah informasi yang digunakan pada titik yang bersangkutan. Jika ada, maka otomatis token akan mampu memberikan data yang mana akan diminta oleh banyak titik jaringan dan kemudian menuju ke titik berikutnya. Ini berarti seluruh komputer akan mampu menerima data yang akan diminta pada suatu titik jaringan ke titik berikutnya.

Ada beberapa kelebihan dari topologi jenis ring tersebut seperti tidak perlunya menggunakan banyak kabel, tingkat kerumitan pemasangan lebih rendah, mudahnya proses instalasi, tidak akan terjadi yang namanya tabrak data, mudah untuk dirancang, dan lain sebagainya. Namun ada pula permasalahan seperti segi kekurangan terutama pekanya terjadi kesalahan jaringan, sulit untuk dikembangkan, dan bila salah satu titik jaringan terganggu, seluruh komunikasi data dapat terganggu juga.  Apapun pilihan metode topologi jaringan yang Anda gunakan, Anda perlu memastikan terlebih dahulu untuk memanfaatkan secara maksimal penggunaan metode tersebut. Semakin besar keperluan Anda dalam menggunakan teknologi tersebut, maka akan semakin banyak hal yang Anda butuhkan. Ini adalah hal penting untuk dimengerti tentunya.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …