Home >> Teknologi >> Hardware >> Mengenali Kegunaan dan Fungsi Stavolt
Stavolt Matsunaga China 1000 Va

Mengenali Kegunaan dan Fungsi Stavolt

Mungkin rumah anda sering mengalami gangguan listrik ? Jika iya, berarti tegangan listrik di rumah anda tidak stabil. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya ada dua cara yakni menggunakan stabilizer. Stavolt atadalah singkatan dari “stabilizer voltage”. Alat ini digunakan untuk membuat tegangan listrik menjadi stabil dan mencegah kerusakan akibat tegangan listrik yang tidak stabil. Selain alat ini, ada juga alat lain yang bisa digunakan untuk menyetabilkan listrik dan memiliki fungsi yang sama, yaitu UPS. UPS merupakan singkatan dari “Uninterruptible Power System” atau “sistem kelistrikan yang tak tergoyahkan”. Cara kerja alat ini adalah misalnya tegangan listrik tiba-tiba naik hingga 230V , maka secara otomatis alat ini akan menetralisir tegangan tersebut menjadi 220V. Begitu juga sebaliknya, bila tegangan listrik turun, maka alat tersebut akan menaikkannya lagi hingga stabil. Banyak orang salah mengartikan stavolt, padahal alat ini merupakan sebuah regulator untuk menyalakan dan memadamkan aliran listrik.

Fungsi Stavolt secara mayoritas adalah digunakan pada alat elektronik seperti TV, kulkas, dan lain sebagainya, karena alat ini dapat menjadi pelindung bagi alat elektronik tersebut. Kenapa stavolt dapat melindungi barang-barang elektronik seperti TV, kulkas dan lain-lain? Karena fungsi stavolt yang tentunya dapat menyetabilkan tegangan listrik dan menghasilkan output tegangan yang normal.   Alat ini juga sering disebut sebagai sebuah stabilizer. Stavolt juga berfungsi bagi komputer. Stavolt atau pengstabil dayaini juga bisa digunakan untuk menyetabilkan daya listrik pada CPU komputer. Khusus untuk komputer, alat ini sangat penting karena daya listrik komputer yang tinggi dan keadaan aliran listrik yang cenderung naik turun dapat mengakibatkan aliran listrik jadi tidak stabil. Oleh karena itu alat ini dapat membuat aliran listrik yang tadinya naik atau turun dapat stabil kembali dan tidak akan merusak Power Suplay CPU komputer anda.

Saat ini banyak merek stavolt atau stabilizer untuk menyetabilkan tegangan listrik. Namun, anda juga harus lebih memperhatikan produk jika akan membelinya, jangan sampai salah beli atau tidak berfungsi dengan baik. Menghindari kesalahan pembelian stavold anda harus melakukan pengecekan langsung pada produk. Berikut ini hal-hal yang perlu anda perhatikan jika membeli stavolt:

  1. Menggunakan relay. Relay merupakan salah satu komponen yang ada pada stavolt dan akan bekerja bila tegangan listrik naik atau turun. Namun, kestabilannya agak kurang. Jenis ini umumnya tidak dilengkapi dengan filter.
  2. Menggunakan servo motor. Cara kerjanya adalah motor akan berputar untuk mendapatkan tegangan yang stabil. Akibatnya, diperlukan waktu 2-5 detik untuk mencapai kestabilan dan tidak ada penyaring (filter).
  3. Menggunakan sistem digital control
  4. Sistem Ferro-Resonant / line conditioner

Alat ini merupakan alat yang penting terutama untuk bisa dimiliki di rumah, hal ini berguna untuk menyetabilkan tegangan listrik yang terkadang naik atau turun serta melindungi alat-alat elektronik anda. Terlebih lagi listrik yang dihasilkan dari generator seperti genset dan lain-lain, lebih mudah untuk tidak stabil dan tentunya berbahaya bagi semua perangkat elektronik yang anda miliki karena memang langsung terhubung dengan listrik. Jika anda tidak ingin beresiko dengan kerusakan alat-alat elektronik yang anda miliki, maka segera pasang stavolt atau stabilizer ini di rumah atau di kantor anda. Hal ini tentu penting agar tegangan listrik di rumah Anda tetap stabil dan aman dan tidak mengancam keselamatan.

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • fungsi stavolt
  • fungsi stavol
  • Kegunaan stavol
  • cara menggunakan stavolt
  • fungsi stavolt pada kulkas
  • stafol
  • manfaat stavolt
  • fungsi stafol
  • manfaat stavol
  • fungsi stavolt matsunaga

About Manshurin Online

Manshurin Online sebagai wadah berbagi informasi baik bisnis , internet , teknologi maupun motivasi. Semoga www.manshurin.com diberikan aman slamet lancar barokah

Check Also

PIN Google Adsense

PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya

PIN Google Adsense Sebagai seorang publisher Google Adsense, tentu Anda akan merasa sangat senang jika …