Home >> Umum >> Menjadi Pemenang dengan Lima Prinsip Kepemimpinan
Ilustasi : Leadership

Menjadi Pemenang dengan Lima Prinsip Kepemimpinan

Alhamdulillah, rasa syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang selalu melimpahkan nikmat dan rahmat Nya yang diberikan pada kita semua. Pada kesempatan kali ini, kita akan mendapatkan anugerah untuk bisa saling berbagi pengetahuan dan wawasan yakni salah satu hal penting yang menjadi sukses bukan hanya seorang individu tapi menentukan kesuksesan dari sebuah organisasi yaitu Leadership ( Kepemimpinan ). Tidak ada individu yang bisa menjadi individu yang sukses kecuali dia mempunyai dasar leadership yang baik. Demikian pula tidak ada sebuah organisasi yang sukses dan bisa mewujudkan keinginan dan cita citanya kecuali bahwa di dalam organisasi yang sukses mempunyai leadership yang baik di dalamnya.

Dari survey yang dilakukan oleh Institute for Strategic Change di Amerika menunjukan bahwa perusahaan dengan leadership yang baik di dalamnya, bisa tumbuh dan berkembang omsetnya sampai di level sekitar 900% sedangkan pertumbuhan perusahaan dengan leadership yang kurang baik akan tumbuh sekitar 70% – 80% dalam kurun waktu 10 tahun.

Kita juga bisa melihat di sekitar kita banyak perusahaan yang di dalam perjalanannya bida tumbuh dan berkembang dengan baik dan ternyata di dalamnya diisi dengan personil personil dengan leadership yang baik pula. Sebaliknya, perusahaan perusahaan yang di dalamnya di pimping orang yang tidak mumpuni, tidak kompeten maka perusahan itu akan mengalami penurunan bahkan tidak menutup kemungkinan akan menjadi bangkrut.

Apa Kepemimpinan itu?

Definisi kepemimpinan sangatlah banyak, tergantung bagaimana cara melihatnya, tergantung situasinya, tergantung konteks permasalahannya. Berikut beberapa definisi yang kita coba untuk disimak kembali sekedar untuk me-refresh ingatan kita beberapa definisi leadership.

Definisi kepemimpinan
Definisi kepemimpinan

Menurut Marcus Buckingham, seorang peneliti dan penulis buku dari Cambridge University, ” Tugas pemimpin adalah menggalang orang menuju masa depan yang baik.”

Menurut John Quincy Adam, Presiden Amerika ke 6, ” Bila tindakanmu adalah untuk menginspirasi orang agar punya impian lebih baik, belajar lebih banyak, bertindak lebih banyak , maka kamu adalah seorang pemimpin.”

Menurut Warren G Bennais, Peneliti dan pengarang buku, ” Kepemimpinan adalah kemampuan untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan.”

Dan masih banyak definisi definisi yang lainnya.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini contohnya. Satu orang tapi mampu menggerakan jutaan warga dan aparat pemerintahannya untuk menjadikan Surabaya kota yang lebih baik, dalam hal infrastruktur untuk memacu pertumbuhan ekonomi, empati warga kota surabaya ketika terjadi musibah nasional kecelakaan pesawat Air Asia, bahkan sampai urusan taman kota.Walikota Risma mendapat tempat di hati masyarakat Surabaya bukan karena uang, tetapi kepemimpinan dan keteladanannya. Satu orang bisa mewarnai seluruh kota.

Contoh lain lagi dari kepemimpinan yang melegenda adalah Presiden pertama RI, Ir.Soekarno. Walaupun sudah meninggal puluhan tahun yang lalu, jaman berganti jaman, pemerintahan berganti pemerintahan, dari jaman listrik belum ada sampai jaman internet, kharisma kepemimpinan seorang Soekarno masih dirasakan oleh banyak orang sampai sekarang. Satu orang mampu mewarnai sebuah bangsa dan sebuah negara ditengah banyak bangsa di bumi.

Chairul Tanjung, yang masa kecilnya begitu sederhana, sekarang menjadi salah satu pengusaha terkaya di Indonesia bahkan sempat masuk majalah Forbes sebagai salah satu orang terkaya di dunia. Dari mana kekayaannya? dari begitu banyak bisnis yang dipimpinnya, dari mulai media ( Trans Group ), perbankan ( Bank Mega Group ), dunia hiburan ( Trans Studio ) yang bekerja sama dengan Jusuf Kalla, saham di Garuda Indonesia Group dan masih banyak lagi. Yang membaca buku biografinya ( Si Anak Singkong ) akan melihat bahwa kesuksesannya bukan karena nilai akademis semata, tetapi lebih pada kepiawainya dalam mempengaruhi banyak orang untuk kerjasama membengun kebaikan dan keuntungan bersama. Dan masih banyak lain contoh sosok yang menjadi pemimpin nengeri ini.

Lima Prinsip Kepemimpinan antara lain :

  • Memimpin dengan Visi yang Jelas
  • Memimpin melalui Teamwork
  • Memimpin melalui Komunikasi yang Baik
  • Memimpin melalui Keteladanan
  • Fokus pada Hasil, No Excuse

Di Artikel yang lain, kita akan bahas setiap poin dari Lima Prinsip Kepemimpinan. Jangan lupa like dan share artikel jika bermanfaat bagi pembaca.

 

 

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …