Home >> Blogging >> Panduan Lengkap Tutorial Membangun Toko Online Gratis dengan Mudah
Membangun Toko Online

Panduan Lengkap Tutorial Membangun Toko Online Gratis dengan Mudah

Membangun toko online memang susah gampang, tergantung keseriusan dan ketekunan. Tidak bisa instant, buat sekarang langsung berhasil. Ada kalanya bisa langsung besar, ada juga yang naik turun atau mungkin bisa rugi total. Dalam tutorial ini saya akan mengupas pengalaman selama bermain toko online sejak 2008, dan fokus 2010. Dan saya uji coba kembali membangun toko online jilbab tahun 2012 juga ada hasilnya. Dan saya kembali saya praktekan tahun 2015 Alhamdulillah Allah juga paring kemudahan. Karena masih merasa penasaran, saya praktekan kembali cara cara yang saya gunakan membangun toko online komputer  VCloudpoint dan toko online fashion Distributor tas kabizaku, Allah paring juga diberikan kemudahan dan berhasil. Kembali lagi saya ingatkan bahwa kuncinya adalah ketekunan, keseriusan, jangan mudah putus asa dan jangan malas serta banyak doa dan sodaqoh.

Langkah Pertama “Mindset Bisnis Online “:

Buka mindset tentang toko online, bisnis online. Harus yakin bahwa bisnis online yang digeluti insya Allah akan sukses. Kalau saya pribadi, kalau bisnis online itu sampingan maka hasilnya juga sampingan. Namun bisnis online itu utama maka hasilnya juga akan jadi utama dalam keluarga. Jadi harus fokus pada bidang yang digeluti. Jangan mudah tergiur dengan screenshoot, penghasilan orang lain, atau terombang ambing di social media alias suka lihat status orang lain sehingga pekerjaan sendiri tidak di lakukan. Sehingga beralasan kalau sudah berjam jam di internet tapi tidak menghasilkan apa apa. Biasanya saya fokus tidak mau di ganggu minimal 2 jam kerjakan posting, backlink dan promosi. Setelah ini saya coba untuk refreshing. Saya tutup social media, saya tutup berita, chatting atau hal lain yang mengganggu dalam pekerjaan online. Sebagai bahan bacaan untuk memotivasi dan membuka mindset tentang bisnis online bisa buka link di bawah ini :

Mindset dan Panduan Awal Sebelum Terjun di Bisnis Online

Langkah Kedua “Produk Apa yang akan di Jual “:

Di saat akan melangkah membangun toko online, salah satu kendala adalah produk apa yang akan dijual. Saya dulu juga memikirkan hal ini. Di saat kebingungan timbul tentang produk yang akan dijual, akhirnya saya bermain google adsense dan seo. Sehingga tidak mau melangkah ke toko online. Akhirnya saya memutuskan untuk jalan jalan ke pasar untuk melihat produk secara langsung. Termasuk jualan jilbab istri, saya bersama istri terjun langsung ke pasar kapasan, pabean untuk cek jilbab terbaru. Saat jualan komputer saya juga melihat langsung ke Hitech Mall untuk melihat trend teknologi terbaru di Mall tersebut. Sehingga akan ada gambaran nanti apa yang akan kita jual di online. Saran saya, jual produk yang sesuai dengan hobi namun kalau tidak bisa, jual produk yang ramai di pasar offline maupun online. Kembali saya ingatkan bahwa menjual produk di online sama persis seperti jualan di offline hanya berbeda media saja. Jika sudah mendapatkan produk yang akan di jual, sekarang saatnya untuk riset pasar di online. Sebagai referensi untuk mencari ide di internet silahkan baca link berikut :

Langkah Ketiga “Buat  Branding Toko Online”:

Setelah mendapatkan produk dan siap untuk memasarkan produk di online. Buatlah sesuai yang lain dari pada yang lain saat launching produk di internet. Jika menggunakan metode ATM (Amati Tiru dan Modifikasi), buatlah lebih menarik dari pada komputitor anda. Branding yang dibuat di internet tidaklah instan. Harus butuh proses. Harus ada perencanaan jangka panjang dengan membuat visi dan misi yang baik. Disaat ada customer baru atau lama yang berbelanja ditoko online anda, maka branding yang anda buat bisa mengena di hati customer itulah menjadi PR anda. Awalnya memang susah, namun kalau nantinya sudah terbiasa maka akan lebih mudah. Sebagai referensi bisa baca dibawah ini tentang branding, visi dan misi :

Langkah Keempat “Siapkan Media Komunikasi”:

Media komunikasi sangatlah penting untuk bertransaksi nantinya. Siapkan nomor kontak yang bisa dihubungi, setting BBM, WA, Lines dan beberapa aplikasi untuk chat yang dirasakan perlu. Biasaya yang saya pakai adalah : No HP untuk SMS dan Telp, Whatapps, BBM dan Lines yang untuk Chatting. Email gmail untuk berkirim teks lewat email. Bisa gunakan email berbayar atau gratisan seperti Yahoo ataupun Gmail. Jika ingin menambahkan media komunikasi silahkan ditambahkan sesuai kebutuhan. Dan perlu diingat, Toko online di Indonesia identik dengan tawar dan menawar bahkan inginkan harga diskon, sehingga nomor HP harus terpasang di media promosi anda nantinya. Karena sistem ADD CART belum familiar di Indonesia. Sebagai referensi bagi anda yang ingin buat Email bisa buka link di bawah ini :

Langkah Kelima “Siapkan Media Promosi”:

Kalau anda mempunyai sebuah toko yang besar di tengah hutan  dan tidak ada yang pernah datang ataupun melihat toko anda, bisa dipastikan toko anda tidak ada yang beli. Betul tidak? sehingga sebuah toko harus dipromosikan atau minimal harus diperkampungan atau pusat pertokoan, secara otomatis pengunjung akan datang, melihat lihat terlebih dahulu dan jika minat akan membeli produk yang dilihat tersebut. Sama halnya seperti toko online yang di buat tidak ada yang tahu toko online tersebut, di google tidak ada, di facebook tidak ada, dan ditempat keramaian internet tidak ada. Tentunya tidak akan ada transaksi penjualan. Sehingga butuh namanya visitor atau pengunjung. Saya sendiri membagi menjadi 3 macam cara mendatangkan pengunjung yaitu dengan SEO, Social Media dan ADS (Iklan). Bisa dipilih salah satu atau ketiganya. Semakin banyak pengunjung tertarget yang datang ke website kita, atau media promosi kita makan prosentase penjualan akan semakin meningkat. Untuk media promosi bisa menggunakan Website dan Social Media. Pengalaman saya di Fashion saya gunakan Social media di Facebook personal dan page, Instagram, Twitter dan Google Plus serta Youtube sebagai media promosi dengan video. Untuk tutorialnya tentang Website, Social Media dan SEO bisa di lihat di bawah ini :

Cara Membuat Blog Gratis

Social Media

Belajar SEO Basic

Langkah Ke Enam “Promosikan Produk di Marketplace”:

Tunggu Update Tutorial Lanjutan 🙂

Update 29 April 2016

 

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …

Satu Komentar

  1. Di tunggu kelanjutannya pak ali semoga di beri lancar barokah dan jadi jariyah… tulisan pjn bakal tak terusin ke remaja kediri selatan 2
    جزاك الله خيرا