Home >> Teknologi >> Pengertian dan Fungsi Flashdisk
Flashdisk
Flashdisk

Pengertian dan Fungsi Flashdisk

Jaman dahulu orang terbatas dalam menyimpan file pada sebuah perangkat bernama disket. Karena keterbatasan tersebut maka dibuatlah penyimpanan yang lebih canggih lagi dan tentunya memiliki umur pakai yang lebih lama dari disket yaitu dengan nama flasdisk. Alat iniawal mula meluncurnya hanya memiliki kapasitas simpan 250 Mb saja, namun sekarang jumlah kapasitas lebih besar hingga 32 Gb juga sudah ada untuk menjawab tantangan konsumen yang semakin konsumtif.  Alat yang satu ini juga sering disebut dengan USB Drive atau juga Pocket Drive. Ini merupakan perangkat keras yang sengaja diciptakan untuk menyimpan data baik berupa file biasa, musik, hingga video. Selain sebagai penyimpanan, USB Drive ini juga dapat dijadikan media penginstalan pada sistem operasi.

Flashdisk ini sendiri memiliki pengertian sebagai penyimpanan dat yang berupa sebuah NAND. Di dalam USB Drive ini sendiri terdapat memori penyimpanan dan controller yang memiliki sifat non – voalite atau dengan kata lain adalah tidak hilang walaupun tidak adanya daya listrik. Komponen di dalamnya sangatlah sederhana tidak serumit hardisk. Namun kelemahan USB Drive ini sendiri untuk sekarang adalah lemah terhadap virus yang mudah masuk serta kapasitas maksimalnya hanya sedikit berkisar 32 Gb. Maka dari itu kebanyakan orang sekarang memilih membeli Hardisk supaya dapat menyimpan file lebih besar lagi.

Dilihat secara umur pemakainnya, flashdisk ini memiliki umur pakai hingga 10 tahun untuk pemakaian normalnya, namun tidak jarang menemui FD ini dengan umur pakai yang kurang dari 2 tahun atau mungkin kurang dari itu. Memang semua tergantung pemakaian dan bagaimana mengatasi virus yang mungkin saja masuk didalamnya. Jika dilihat dari pengertian di awal artikel, tentunya anda akan bertanya sebenarnya apa fungsi FD ini untuk lebih mendetailnya. Banyak manfaat yang sebenarnya dapat disumbangkan oleh FD ini dalam pemakaian sehari hari. FD ini digunakan untuk transfer data, menyimpan, dan memindahkan sebuah file secara skala kecil ataupun skala yang lebih besar dengan kapasitas simpan tertentu sesuai dengan kemampuannya.

Banyak aplikasi yang kini dapat di instal hanya dengan menggunakan FD dengan mudah. File yang disediakan di dalamnya juga relatif kecil. Namun sebaiknya dalam pemakaian Flashdisk ini harus tepat agar tidak mudah rusak. Seperti contohnya adalah ketika akan mencabut FD ini dari perangkat anda, sebaiknya anda melakukan klik kanan dan eject perangkan USB Drive anda agar lebih awet lagi. Banyak orang yang kurang sabar lalu asal mencabutnya dari laptop atau PC yang mengakibatkan umur pemakaian maksimal hanya 2 tahun saja. Tidak hanya laptop atau PC saja yang perlu dibersihkan dengan anti virus, namun FD juga perlu anda bersihkan dari virus yang mungkin saja memblock akses anda untuk membuka USB Drive anda selamanya.

Untuk membuat umur pemakaian FD lebih awet lagi adalah ketika anda memiliki file video yang ingin anda putar di PC melalui FD, sebaiknya anda simpan dulu file tersebut di PC dan kemudian eject FD anda dan cabut. Anda sebaiknya menonton film atau video dari PC saja jangan menunggu FD anda panas karena harus memutar film kesayangan anda. Karena sebenarnya kegunaan flashdisk itu sendiri sebagai media penyimpanan dan transfer, maka jangan jadikan FD sebagai pemutar dari hal hal yang berat yang seharusnya tidak dikerjakan oleh perangkat tersebut.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …