Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi Modem dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Modem dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Modem dalam Komputer

Pengertian Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Domulator (MODEM). Modulator memilik fungsi untuk melakukan proses menumpang data internet pada sinyal informasi ke sinyal yang bertugas menyampaikan agar dapat dikirim ke pengguna internet melalui media tertentu, pemerosesan seperti ini biasanya di sebut sebagai proses modulasi. Pada pekerjaan aatau proses ini data dari computer kalian yang berbentuk sinyal digital nantinya akn di ubah ke bentuk sinyal analog. Dan Demulator sendiri berfungsi untuk mendapatkan kembali data yang di kirim dari pengirim. Pada kegiatan kali ini data akan yang tadi akan di pisahkan dari frekuensi tinggi dan data yang berupa sinyal analog tadi akan di ubah lagi menjadi sinyal digital agar bisa terbaca oleh computer.

Fungsi MODEM

Modem adalah hardware atau perangkat keras yang berfungsi sebagai komunikasi 2 arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan merubah sinyal analog menjadi sinyal digital untuk dapat mengirimkan data ke alamat yang diinginkan atau di tuju. Atau kalua mau di artikan dengan singkat dan jelas fungsi modem adalah sebagai hardware yang dapat menghubungkan computer ke koneksi internet.

Jenis-Jenis MODEM

Di zaman modern yang serba digital ini ada banyak jenis-jenis modem yang ada saat ini, jenis modem sangat mudah dibedakan, cara membedakannya hanya dengan cara pemasangan dan jaringannya. Jika modem dapat kita bedakan melalui cara pemasangan dan jaringannya maka modem terbagi atas 4 jenis yaitu: modem internal, dan modem eksternal, modem yang memakai kabel, dan modem yang tidak memakai kabel(Wireles).

  • Modem Internal adalah sebuah kartu SIM (telepon) yang di pasangkan pada slot mhoterboard, keunggulan modem ini adalah cara pasangnya yang mudah dan memiliki harga yang relative murah.
  • Modem Eksternal merupakan modem yang di pasang di luar dan cara pemasangannya hanya denga menancapkannya di USB dan pemakaiannya hanya dengan menggunakan data dari kartu telepon.
  • Modem yang menggunakan kabel adalah modem yang memakai kabel sebagai media perantaranya contohnya seperti TV kabel ataupun jaringan telepon.
  • Modem tanpa kabel merupakan modem yang tidak menggunakan media kabel sebagai perantara datanya dia menggunakan frekuensi untuk mengirim data internetnya. Comtohnya seperti modem CDMA dan Modem GSM.

Itulah penjeasan singkat mengenai modem dari saya semoga apa yang saya informasikan ini dapat menambah wawasan kalian semua dan bermanfaat.

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …