Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi Monitor Dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Monitor Dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Monitor Dalam Komputer

Monitor kalian pasti sudah tau mengenai perangkat keras satu ini. Di kesempatan kali ini saya akan menjelaskan mengenai monitor mulai dari pengertian hingga fungsi, serta jenis-jenisnya.

Pengertian Monitor

Monitor merupakan perangkat keras (hardware) yang bersifat output dan memiliki kegunaan sebagai alat untuk menampilkan gambar atau objek yang sudah di kelola dalam pemerosesan dalam system computer. Monitor juga bukan untuk bagian computer saja tapi juga bisa sebagai media TV tergantung model keluaran dari monitor yang di pergunakan, sejak adanya monitor hadir di dunia teknologi ini, dunia seras lebih berwarna di karenakan kehadiran monitor ini, Karena sejak hadirnya monitor aktivitas yang di lakukan dalam sebuah system computer jadi lebih mudah dan lebih praktis.

Fungsi Monitor

Monitor ini memiliki fungsi untuk mengeluarkan hasil dari proses pengolahan yang ada di systemkomputer, Karena monitor merupakan hardware yang bersifat output yang berfungsi mengeluarkan hasil pengolahan dari dalam system computer. Dan monitor juga bisa di pakai untuk media yang lainya seperti untuk menonton media TV juga bisa, itu semua tergantung dari model dan kualitas dari monitor yang kalian miliki, semakin tinggi kualitas monitor kalian semakin tinggi pula resolusi gambar yang di hasilkan dari monitor tersebut.

Jenis-Jenis Monitor

Monitor yang saya ketahui memiliki 2 jenis berdasarkan bentuk dan kualitasnya

  • Monitor jenis tabung: monitor jenis satu ini merupakan jenis jaman doloe yang sudah jarang orang memakai jenis monitr yang satu ini. Monitor jenis satu ini pernah popular di zaman 90an hingga 2000an tapi semakin bekembangnya zaman munculah monitor yang lebih simple dan praktis.
  • Monitor jenis LCD: monitor jenis satu ini merupakan jenis yang lebih simple dan praktis itu Karena bentuknya yang lebih tipis tapi memiliki lebar yang beragam sesuai kebutuhan masing-masing dan juga ini memiliki resolusi yang lebih tinggi di bandingkan dengan monitor jenis tabung, serta jenis LCD ini juga memiliki kebutuhan listik yang relative lebih hemat di bandingkan dengan jenis tabung Karena dia memiliki komponen tambahan yang tidak di miliki jenis tabung

Demikianlah penjelasan yang singkat dari saya mengenai defines tentang monitor ini semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …