Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi Scanner dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Scanner dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Scanner dalam Komputer

Pernahkah kalian mendengar kata scan di computer kalian? Untuk apa sih sebetulnya proses scan itu? Scan adalah suatu proses intput berupa gambar yang di kirim ke dalam computer memakai alat yang di sebut scanner image. Pada kesempatan saya kali ini saya akan menjelaskan mengenai scanner mulai dari pengertian, fungsi, jenis-jenis scanner, serta cara kerjanya.

Pengertian Scanner

Scanner merupakan perangkat keras yang memiliki fungsi mirip dengan alat foto copy yaitu agar memasukan data berupa gambar dan akan di proses melalui computer. Namun dari kedua perangkat ini memiliki perberbedaan yaitu: mesin foto copy merupakan hardware yang hasilnya bisa langsung di keluarkan melalui bentuk kertas, sedangkan scanner dia gambarnya di tampilkan dulu di layar monitor yang kemudian akan di proses secara manual yang mana nantinya harus di print baru bisa di ambil hasilnya yang berupa kertas juga.

Di zaman yang sudah modern ini sudah banyak sekali pabrik yang bersaing dalam membuat scanner yang memiliki kualitas terbaik di antaranya: Cannon, Epson, UMAX, Hewlet Packard(HP), dan lainnya. Perbedaan yang bisa di rasakan consumen terletak pada kualitas resolusi yang di rasakan, serta mudah tidaknya mengoperasikan alat ini. Misalnya tombol-tombol yang dipergunakan.

Fungsi Scanner

Perangkat keras yang satu ini memiliki fungsi memindahkan sebuah data atau beberapa objek yang terkonek di atas lensa yang akan menyecan ke dalam memori computer. Jadi jika di atas lensa tadi terdapat objek yang berisi teks maupun gambar, maka objek itu akan di kirim ke dalam computer dan nantinya akan di proses secara manual menggunakan print.

Seiring berjalannya waktu dan zaman semakin modern scanner telah berovolusi menjadi alat multi fungsi yang di jadikan satu menjadi alat scanner, fotocopt, print, copyfax. Fungsi scanner di jaaman sekarang ini sudah jauh berbeda dan lebih lengkap. Makanya sekarang jika ingin memotocopy objek yang hitam putih ataupun berwarna sudah mudah dan tak perlu pusing-pusing lagi.

Jenis Koneksi Scanner Kedalam Komputer

Jenis koneksi dari scanner terbagi menjadi 3 jenis:

  • Jenis koneksi parallel ini merupakan jenis koneksi yang sudah jadul (model lama). Dikarenakan computer model lama koneksinya masih yang bermodel port.
  • Jenis koneksi model USB merupakan jenis yang muncul setelah jenis koneksi parallel, koneksi dari USB ini peformanya lebih cepat di bandingkan parallel sehingga jika ingin memindahkan suatu data bisa lebih cepat.
  • Jenis koneksi model USB 2 merupakan jenis evolusi dari USB biasa yang mana ini lebih cepat lagi saat memperoses suatu data dan ini juga muncul Karena laptop dan computer saat ini sudah tidak memakai jenis port lagi.

Cara Kerja Scanner

Saat kalian menaruh objek yang ingin kalian scan di atas lensa scanner lalu kalian mengklic melalui mouse perintah scan maka saat itu juga terjadi peroses pemindahan data atau gambar ke penyimpanan computer, kemudian kita bisa memprosesnya secara manual lagi untuk memprintnya.

Demikianlah penjelasan secara singkat dari saya mengenai scanner semoga apa yang saya bagikan bisa bermanfaat untuk kalian.

 

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • pengertian menyecan

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …