Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi UPS dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi UPS dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi UPS dalam Komputer

Apakah kalian tahu apa itu UPS, mungkin kebanyakan orang mengerti apa itu UPS. UPS Uninteruptibble Power Supply. Nah seperti yang saya bilang tadi mugkin kebanyakan orang sudah pada mengenal dengan UPS. Karena kebanyakan orang mengenal UPS hanya melalui dua bentuk saja, yaitu jenis UPS Standby dan UPS Online. Akan tetapi pada realitanya UPS memiliki banyak jenis. Nah di kesempatan atau artikel saya kali ini saya akan membahas mengenai pengertian, fungsi, dan jenis-jenis dari UPS.

 

Pengertian UPS

Uninteruptible Power Supply (UPS) yang memiliki pengertian bahwa UPS merupakan perangkat output yang merupakan daya yang tidak dapat diinterupsi. Maksud dari interupsi itu sendiri adalah kelebihan, kekurangan, serta matinya energi listrik yang di pakai untuk mengoperasikan perangkat UPS ini, kesimpulannya UPS beroprasi sedemikian rupa tanpa terpengaruh oleh adanya iinterupsi yang tadi.

Fungsi UPS

UPS ini memiliki fungsi sebagai penstabil listrik dan untuk memback up kebutuhan listrik yang ada. Ini membuat computer yang kita gunakan akan terlindungi dengan adanya UPS. UPS ini mengamankan  dengan cara memback up. Nah apa bila computer yang kita gunakan sedang mengalami gangguan listrik seperti sedang kelebihan listrik ataupun kekurangan daya listrik, atau sedang terjadi padamnya listrik, maka secara otomatis UPS inilah yang akan menyelamatkan semau data yang ada pada computer itu dengan cara memback upnya. Jadi semua masalah di bagian daya listrik itu akan teratasi billa terdapat perangkat satu ini.

Jenis-Jenis UPS

Jenis UPS ini ada 4 jenis yaitu

  • Standby: UPS jenis ini merupakan tipe yang sering digunakan oleh para user rumahan sebagai pendamping computer mereka. Keunggulan (biaya rendah, efisiensi tinggi, desain kompak). Kekukrangan (baterai tetap berjalan saat listrik mati, tidak cocok bagi pemakaian di atas 2kVa Keterangan (paling baik untuk penggunaan personal)
  • Line Interactive: UPS tipe ini merupakan UPS paling sering digunakan pada unit small business, pengembang di bidang web, serta sejumlah server yang berada di pemerintahan. Keunggulan (Efesiensi tinggi, realibilitas tinggi, penyesuaian voltase yang baik. Kekurangan (Tidak cocok bagi pemakaian di atas 5Kva). Keterangan (Tipe UPS ini paling sering di gunakan untuk kondisi listrik yang tidak kurang stabil).
  • Double Conversion Online: Tipe satu ini merupakan tipa yang paling cocok untuk daya di atas 10KVA. Tipe satu ini memiliki kesaaan dengan tipe standby. Hanya saja tipe satu ini memiliki sumber tenaga yang lebih besar yang terletakpada Inverternya, bukan di sumber listrik AC. Keunggalan (penyesuaian yang sangat baik, dan mudah di sambungkan secara voltase). Kekurangan (efisiensi yang rendah, serta harganya yang mahal). Keterangan (Mendekati idealnya UPS, tapi menghasilkan panas yang berlebih).
  • Delta Conversion Online: UPS merupakan bentuk teknologi dengan konversi ganda (Double Conversion) yang sudah di perbaharui dengan daya 5Kva HINGGA 1,6mw. Keunggulan (Penyesuaian yang baik dan efesiensi yang tinggi). Kekurangan (Tidak cocok untuk penggunaan yanng di bawah 5Kva). Keterangan (efesiensi yang tinggi ini membuat daur hidup perangkat saat digunakan pada system yang besar).

 

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai UPS semoga apa yang saya informasikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semuanya.

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …