Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi VGA Komputer
VGA

Pengertian dan Fungsi VGA Komputer

Pengertian dan Fungsi VGA Komputer

Pengertian VGA

VGA merupakan kepanjangan dari Video Grapics Accelerator adalah komponen computer (hardware) dengan kemampuan yang dapat melakukan pemrosesan output berupa gambar visual yang akan di tampilkan di layer monitor. Jadi tugas dari hardware satu ini untuk menampilkan gambar atau visual ke monitor. Jika kalian ingin membuat computer rakitan khusus games, desainer, atau multimedia gunakanlah hardware satu ini Karena ini wajib di gunakan untuk hal-hal seperti itu. Di karenakan hardware ini sangat berpengaruh pada tampilan monitor nanti.

Fungsi VGA

Fungsi vga adalah untuk mengubah atau mengelolah data  atau sinyal digital dari computer ke layer monitor untuk menampilkan grafis yang baik. Berdasarkan fungsi yang dijelaskan sudah merupakan kewajipan bagi kalian para gamers atau anak MM untuk menggunakan hardware satu ini.

Jenis-jenis VGA

Di perhatikan dari bentuknya VGA ini terbagi menjadi dua jenis yaitu jenis add-onn dan on board.

  • VGA jenis add-on adalah hardware yang terpisah dari komponen computer lainyya. Hardware satu ini dipasangkan pada slot grafis dia bisa di lepas dan diganti ke satu computer ke computer lainnya. Jenis yang satu sangat cocok yang mengelolah grafis tingkat tinggi seperti bermain games 3D, menggambar, ataupun mengedit film. Namun kalian harus memerhatikan kemampuan atau dari katu grafis add-on ini jika kalian ingin menggunakannya.
  • VGA jenis on board. VGA jenis on board ini kalian bisa temui di dalam rangkaian mhoterboard itu sendiri Karena sudah merupakan satu paket. Peforma jenis on board sendiri sebenarnya sudah cukup baik jika tidak digunakan untuk mengelolah gambar tingkat tinggi seperti bermain games 3D.

Jenis VGA Berdasarkan Memory Yang Dipakai

Jenis VGA ini terbagi menjadi 5 jenis yaitu:::

  • Dynamic RAM (DRAM)

Kartu grafis dengan memakai memory DRAM mempunyai kecepatan 70-80ns. Penggunaan DRAM ini untuk computer yang tidak memerlukan grafis yang terlalu besar (SPEC rendah).

  • EDO RAM

Kartu grafis yang memakai jenis EDO ram ini memiliki kecepatan 35-60 ns. EDO ram ini banyak ditemui pada VGA card 64 bit.

  • Video RAM (VRAM)

Kartu grafis yang memakai jenis Vram ini memiliki kecepatan 10-20 ns. VRAM ini biasanya digunakan untuk computer high level yang biasa digunakan untuk mendesain.

  • SYNCHRONOUS GRAPIC RAM (SGRAM)

Katu grafis yang memamkai jenis SGRAM ini memiliki kecepatan kurang dari 10 ns. SGRAM banyak dipergunakan untuk VGA Card level tinggi yang memiliki kemampuan 3D accelerator.

  • RAMBUS

Kartu grafis yang memakai jenis RAMBUS ini memilii jumlah ns yang sangat sedikit. Biasanya ini digunakan oleh konsol-konsol game misalnya seperti nitendo atau sega.

Jenis Slot VGA

  • Kartu gravis jenis ISA
  • Kartu gravis jenis EISA
  • Kartu gravis jenis PCI
  • Kartu gravis jenis AGP
  • Kartu gravis jenis PCIE

Itulah penjelasan tentang VGA computer yang bisa saya sampaikan semoga dapat menambah wawasan kalian tentang ilmu computer.

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …