Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi WEBCAM dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi WEBCAM dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi WEBCAM dalam Komputer

Kali ini saya akaln membahas mengenai WebCam dan saya akan membahasnya mulai dari pengertian, fungsi, hingga cara kerja dari webcam ini. Kalian mungkin telah mengetahu bahwa kebannyakan orang memakai webcam untuk video caal atau aplikasi yang berhubungan atau yang memerlukan webcam ini.

Pengertian WebCam (kamera WEB)

Web Cam merupakan singkatan dari Web dan camera adalah sebuah sebutan bagi camera waktu nyata yang gambarnya itu dapat di lihat melalui waring wera wanua, suatu program pengolah pesan cepat, atau aplikasi pemanggilan (video Call). Camera Web (WebCam) merupakan kamera video digital kecil yang disambungkan ke computer melalui colokan USB ataupun colokan COM.

Fungsi webcam

Webcam emiliki fungsi untuk memudahkan kita dalam melakukan pesan cepat seperti chat melalui video ataupun bertatap muka secara langung (video caal). Web cam juga memiliki fungsi lain yaitu mentransfer sebuah media secara live, namun perlu kalian ketahui bahwa kebanyakan pengguna menggunakan ini hanya untuk chat video/video call.

Cara Kerja WebCam

Seunit Webcam sederhana biasanya terdiri dari satu lensa standar, dipasang di papan sirkuit untuk bisa menangkap sinyal gambar, termasuk casing depan,casing samping yang berfungsi untuk menutupi lensa standard dan mempunyai sebuah lubang di casing depan yang berfungsi untuk memasukan gambar. Kabel support yang di ciptakan dari bahan yang fleksibl ini, satu ujungnya di hubungkan dengan camera dan satu ujungnya lagi diberikan penghubung atau connector, cabel ini di control untuk menyesuaikan kesemuanya termassuk ketinggian, arah sudut pandang yang ada pada webcam. Setiap webcam biasanya di lengkapi dengan software yang akan membantu mengambil gambar -gambar dari kamera secara terus menerus atau secara interval (waktu tertentu) dan menyebarkannya melalui koneksi internet yang ada. Ada berbagai macam metode penyiaran metode yang paling sering di gunakan adalah hardware yang mengubah gambbar ke bentuk file JPG dan menguoploadnya ke web server memakai file transfer protocol (FTP). Didalam menggunakan webcam ini di butuhkan koneksi internet yang relative kencang agar semuanya bisa berjalan dengan lancer. Kalian juga bisa menghindari penggunaan kabel yang ada dengan menggunakan koneksi Ethernet ataupun WIFI.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai WEBCAM semoga apa yang saya bagikan ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …