Home >> Blogging >> Pengertian Domain dan Hosting bagi Pemula
Domain dan Hosting

Pengertian Domain dan Hosting bagi Pemula

Website adalah sebuah halaman yang dibangun untuk menyampaikan informasi yang berupa berita, cerita, video, gambar, atau iklan. Rata-rata website yang ada dalam bentuk profil perusahaan, toko online (online shop), hingga website portal dan sosial media. Dalam membuat website dibutuhkan pengetahuan mengenai pengertian domain dan hosting. Kedua istilah ini merupakan dua komponen utama pembangun sebuah website. Hosting bisa dibayangkan seperti lahan kosong atau tanah berkavling yang mempunyai luas lahan terbatas. Domain diibaratkan sebagai alamat tanah kosong atau berkavling tersebut.Diatas tanah kosong tadi dapat dibangun sebuah bangunan yang bernama website. Ingin lebih jelas mengenai website, domain dan hosting?

Pengertian Domain dan Hosting ( Sumber Gambar Ingat Eros)
Pengertian Domain dan Hosting ( Sumber Gambar Ingat Eros)

Untuk memahami lebih lanjut tentang pengertian domain dan hosting, Anda perlu mengetahui istilah di dalam domain. Domain merupakan data unik yang digunakan untuk mempemudah pengguna mengakses informasi yang ada di jaringan internet. Untuk mengakses informasi yang ada pada server komputer digunakan IP address atau alamat IP yang berwujud deretan angka panjang. Oleh karena itu dipakailah domain untuk mempermudah pengguna dalam mengakses informasi yang ada pada server komputer dan mempermudah pengguna untuk mengingatnya.Contoh: www.jembelsme.com dengan IP address 66.96.145.109. www.jembelsme.com merupakan nama domain yang artinya sama dengan IP address. Anda tidak perlu mengingat IP address yang berwujud deretan angka, cukup menghafalkan domain saja untuk mengakses website tersebut.

Jenis-jenis domain dalam pengertian domain dan hosting antara lain:

  1. Top level domain (TLD) merupakan akhiran nama suatu domain. Ada dua kelompok utama dalam top level domain (TLD) yaitu:

lccTLD atau country code top level domain yang merupakan level domain tertinggi yang didasarkan pada kode negara, di indonesia contohnya .id, dan

lgTLD atau generic tol level domain yang merupakan level domain tertinggi yang digunakan secara umum seperti .com, .net, .gov dan lain-lain

  1. Second level domain (SLD) merupakan nama domain di sebelah kiri TLD. Misalnyawww.facebook.com. .com merupakan top level domain, sedangkan facebook adalah second level domain
  2. Lower level domain (LLD) merupakan nama domain di sebelah kiri SLD namun LLD jarang sekali ada.

Untuk lebih memperjelas pengertian domain dan hosting, berikut adalah macam-macam domain yang ada di Indonesia dan fungsinya:

  • .co.id digunakan untuk website komersial
  • .web.id digunakan untuk website pribadi atau komunitas
  • .or.id digunakan untuk website organisasi
  • .ac.id digunakan untuk website institut atau perguruan tinggi
  • .sch.id digunakan untuk website sekolah
  • .go.id digunakan untuk website institusi pemerintah
  • .net.id digunakan untuk website jasa telekomunikasi

Nama domain sangat penting untuk kehidupan website Anda. Oleh karena itu, Anda harus memilih nama domain yang sesuai dengan tema website Anda. Jika tidak, website Anda seperti salah alamat dan lama kelamaan akan mati. Jadi, jangan sampai salah dalam memberi nama.

Hosting merupakan perangkat yang posisinya seperti satu kesatuan dengan domain. Maka dalam membahas pengertian domain dan hosting, hosting jangan sampai dihiraukan. Anda butuh tau pengertian hosting juga untuk membuat website. Hosting merupakan ruang kosong yang digunakan untuk menyimpan file-file yang ada hubungannya dengan website seperti file HTML, file PHP, FTP, EMAIL dan DNS. Flashdisk juga dapat diibaratkan sebagai harddisk dimana mempunyai fungsi sebagai penyimpan semua data yang ada dalam komputer. Anda harus mensinkronisasikan domain dan hosting untuk menghubungkan dan memperoleh kinerja yang maksimal. Jika Anda mempunyai hosting tapi tanpa domaim dan website boleh-boleh saja namun tidak ada yang bisa diakses hanya dengan hosting saja.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …