Home >> Teknologi >> Penipuan Toko Komputer Online
Penipuan toko online

Penipuan Toko Komputer Online

Apakah anda sering mendengar mengenai penipuan toko komputer online? Apabila anda pernah mendengar mengenai penipuan toko komputer online maka anda harus lebih berhati-hati. Akan lebih baik jika anda membeli langsung jangan melalui online. Namun jika anda ingin membeli di toko online maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

5 Hal yang harus anda perhatikan agar tidak menjadi tindak penipuan toko komputer online yaitu

  1. Alamat penjual

Anda perlu meminta alamat baik alamat rumah dan juga alamat toko yang di gunakan sebagai tempat usaha toko komputer tersebut. Hal ini di lakukan agar ketika terjadi sesuatu maka anda bisa meminta tanggung jawab kepada penjual. Namun yang perlu anda perhatikan adalah ketika penjual online tersebut memberikan alamat. Anda tidak boleh langsung percaya ada baiknya jika anda mengecek kebenaran alamat tersebut.

  1. Nomor telepon

Ada baiknya sebelum anda melakukan transaksi anda meminta nomor telepon rumah atau tempat usaha dan juga nomor ponsel penjual. Jika di berikan nomor rumah telpon ke nomor yang di berikan apakah benar nomor telepon usaha tersebut. Selain itu anda juga bisa mengecek ke telkom untuk memastikan bahwa nomor telepon tersebut atas nama penjual. Dengan begitu maka anda akan merasa yakin bahwa toko online tersebut benar-benar ada dan bukan fiktif saja.

  1. Hindari melakukan pembicaraan melalui SMS

Ada baiknya jika anda menghindari melakukan transaksi melalui SMS. Dengan melakukan SMS maka anda akan merasa tidak akan terdeteksi suara oleh lawan bicara. Penjual komputer online yang berkedok penipuan akan takut untuk melakukan pembicaraan. Hal ini karena jika hal itu di laporkan kepada polisi dapat di deteksi dengan segera.

  1. Jangan memberikan DP

Jika anda belum merasa yakin betul sebaiknya anda tidak memberikan DP tertama dalam jumlah yang besar. Apabila penjual memang bukan tindakan penipuan maka penjual tidak perlu meminta DP. Penjual yang memang penjual sebenarnya dan bukan penipu lebih mengutamakan pelunasan atas barang yang akan di beli.

  1. Rekening bersama

Jika penjual memang penjual yang profesional dan benar adanya rekening yang di berikan untuk melakukan pembayaran menggunakan rekening atas nama pribadi dan bukan rekening bersama. Jangan sampai anda tertipu dengan mentrasfer pihak ke tiga. Karena pihak ketiga merupakan orang lain bagi transaksi jual beli anda.

Setelah anda mengetahui lima hal yang perlu anda perhatikan agar tidak tertipu dalam melakukan pembelian di toko komputer online. Apalagi di jaman yang serba canggih ini tindakan penipuan sangat marak di jalankan. Akan lebih aman jika anda membeli barang elektronik langsung di toko barang elektronik secara langsung.

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • penipuan toko komputer

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …