Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi Network Card (Kartu Jaringan) dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Network Card (Kartu Jaringan) dalam Komputer

Penjelasan Lengkap Mengenai Networ Card (Kartu Jaringan)

Kartu jaringan atau yang biasa disebut dengan network card merupakan perangkat keras yang berguna untuk menyabungkan kabel LAN ke computer sebagai hubungan ramgkaian dari jaringan computer. Pada kesempatan kali ini saya akan menjeaskan secara singkat mengenai network card ini mulai dari pengertian hingga fungsinya.

 Pengertian Network Card (Kartu jaringan)

Network Interface card (NIC) atau yang biasa kita sebut dengan sebutan kartu jaringan merupakan perangat keras (hardware) dalam jaringan yang berguna untuk menghubungkan computer ke jaringan internet. Lan card ini berbentuk kartu ekspansi yang nantiya akan di pasang di slot PCI mhoterboard. Pada zaman modern sekarang ini NIC merupakan sebuah kebutuhan yang mutlak. Akan tetapi seiring berjalannya waktu peran dari NIC ini mulai tergeser akibat munculnya WIFI yang lebih praktis dan mudah dipakai.

NIC ini pada umumnya cara pemakainnya mennggunnakan kabbel LAN dengan Port RJ 45 untuk bisa terhubung ke jaringan. Setelah kalian memasangnya NIC ini jangan lupa kalian harus menginsta drivernya agar hardare ini dapat bekerja secara maksimal.

Lan Card memiliki Mac Addres yang berguna untuk identifikasi jaringan  yang terhubung dan setiap Lan card hanua memiliki satu mac addres doang, sehingga biasanya jaringan akan mengidentifikasi mac addres dari lan card tadi yang terhubung dengan computer kita. Lan card biasanya terpasang di computer model lama Karena untuk computer model baru biasanya sudah terpasang onboard pada MOBO. Disamping itu port RJ 45 ini terdapat lampu indicator yang berfungsi untuk memberitahukan bahwa jaringan sudah tersambung dengan baik atau tidaknya.

Fungsi Network Card (Kartu Jaringan)

Berdasarkan penjelasan di atas tadi menyatakan bahwa kartu jaringan ini berfungsi untuk menyambungkan jaringan ke computer kedalam jaringan lan card yang mempunyai mac addres satu untuk mengidentifikasi perangkat di dalam jaringan. Jadi setiap network card itu hanya memiliki satu mac addres aja.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai NIC atau network card atau kartu jaringan yang dapat saya bagikan semoga ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • fungsi kartu jaringan
  • pengertian kartu jaringan
  • apa yang dimaksud dengan kartu jaringan
  • fungsi fungsi kartu jaringan
  • pengertian kaetu jaringan
  • pengertian kartu jaringan#spf=1

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …