Home >> Teknologi >> Hardware >> Pengertian dan Fungsi Power Supply dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Power Supply dalam Komputer

Pengertian dan Fungsi Power Supply dalam Komputer

Perkembangan zaman yang semakin modern sekarang ini telah menciptakan banyak sekali computer-komputer yang canggih. Dan kali ini saya akan membahas tentang salah satu komponen yang penting dalam sebuah unit computer yaitu power supply yang biasa disebut sebagai jantung dalam sebuah unit computer itu sendiri. Nah gak usah banyak basa-basi lagi langsung saja kita bahas mengenai power supply ini.

Pengertian Power Supply

Power supply adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berupa kotak yang berisikan banyak kabel untuk menyalurkan energi atau tegangan listrik ke seluruh perangkat keras lainya. Hardware ini biasanya terdapat di belakang (di dalam) casing seunit computer. Besarnya listrik yang mampu di tangani power supply ini tergantung oleh dayanya yang dihitung melalui satuan watt

Fungsi Power Suppy

Power supply berfungsi sebagai penyuplai energi atau tegangan listrik yang akaan dikirim langsung menuju komponen-komponen lainya. Power supply juga memiiki fungsi ntuk mengubah jenis tegangan dari AC menjadi DC, dikarenakan computer hanya bisa menggunakan jenis tegangan DC.

 

Cara Kerja Power Supply

Ketika kalian menekan tombol power pada casing computer yang akan terjadi adalah. Power supply akan cek serta tes sebelum melakukan system start. Jika tes yang telah dilakukan sukses , maka selanjunya power supply akan mengirim sinyal khusus pada MOBO/mhoterboard, yang biasa di sebut power good.

Jenis-Jenis Conector Power Supply

  • conektor dengan 20/24 pin AX motherboard.
  • ATX 4 pin conector
  • 4 pin Pheriperal power conector/Molex Connector
  • SATA Power Connector
  • Floppy Drive Connector/Berg Conector
  • 6 pin PCI-E conector

Jenis-Jenis Power Suply

  • Power Suply AT Pada jenis power supply ini tombol on/offnya langsung di hubungkan pada tombol casing. Untuk memudahkan mematikan atau menghidupkan computer kalian. Kalian hanya harus menekan ombol power yang terletak di depan casing.
  • Power Suply ATX Power supply Advance Technology Exended (ATX) adalah jenis PSU terbaru dan yang paling banyak di pakai sekarang ini. Perbedaan yang mencolok pada PSU ATX dan AT ini yaitu pada tombol powernya, Jika tombol power PSU jenis AT menggunakan Switch dan ATX menggunakan tombol di keyboard yang mengiringkan sinyal ke komponen lainya.

Demikianlah pembagian ilmu yang dapat saya sampaikan semoga apa yang saya bagikan dapat bermanfaat untuk kalian semua

Other articles you might like;

About GOL.D. Sholeh

PEMUDA YANG MENGEJAR KESUKSESAN DUNIA DAN AKHIROTNYA

Check Also

Fungsi Internet

Berbagai Fungsi Internet dilihat dari Sisi Positif dan Sisi Negatif

Kini di jaman modern yang serba digital ini internet sudah menjadi kebutuhan yang wajib setiap …