Home >> Teknologi >> Power Supply Komputer
Power Supply Komputer

Power Supply Komputer

Tahukah anda mengenai power supply komputer? Bagi sebagian orang yang sangat awam akan terdengar asing ketika mandengar power supply komputer. Namun jangan khawatir power supply komputer adalah termasuk perangkat keras pada komputer yang mempunyai fungsi untuk menyalurkan dan memberikan aliran listrik ke komputer. Selain itu power supply juga mempunyai peranan yang besar dalam mengatur tegangan yang masuk komputer. Hal itu di gunakan untuk melindungi hardisk, motherboard dan yang lain agar aliran listrik ke dalam perangkat keras tersebut tetap dalam kondisi yang stabil. Untuk itu anda perlu juga mengenal empat fungsi yang merupakan salah satu cara bagaimana menstabilkan komputer yang anda miliki.

Empat fungsi tersebut adalah

·       OVP ( Over Voltage Protection )

Fungsi dari OVP adalah melindungi PSU dari tegangan yang berlebihan. Hal ini di maksudkan agar komputer tidak cepat panas dan rusak jika menerima aliran tegangan yang terlalu tinggi.

·       OCP ( Over Current Protection )

Aliran listrik yang mengalir biasanya mempunyai kuat arus dan tegangan yang cukup tinggi. Dengan adanya OCP ini maka di maksudkan untuk mengatur aliran listrik yang mengair agar komputer tidak cepat mengalami kerusakan.

·       OTP ( Over Temperatur Protection )

Selain tegangan dan kuat arus yang di lindungi maka temperaturnya pun harus di jaga. Untuk itu ada OTP untuk menstabilkan temperatur yang ada di dalam komputer.

·       Short Sircuit Protection

Setelah kita mengetahui empat fungsi dari power supply maka tak ada salahnya jika kita juga mengetahui jenis-jenisnya. Untuk itu berikut akan di jelaskan mengenai jenis-jenis power supply.

Adapun jenis-jenis power supply yaitu

1.   Power supply jeni AT

Komputer jaman sekarang yang memiliki pentium III ke atas tidak memiliki power supply jenis ini. Power supply jenis AT di miliki komputer dengan pentium II. Biasanya power supply jenis AT memiliki power on/off pada tombol casing. Tombol on/off di gunakan untuk mematikan adan juga menghidupkan komputer yang akan di gunakan.

2.   Power supply jenis ATX

Power supply ATX merupakan jenis power supply yang biasa di gunakan jaman sekarang. Jenis power ini biasanya tombol untuk menghidupkan dan mematikan ada pada keaboard komputer tersebut. Komputer dengan jenis power supply ini di rasa lebih canggih di bandingkan dengan power supply ATX. Hal ini bisa di lihat langsung dari pentium yang di gunakan.

Nah sekarang anda sudah mengerti mengenai banyak hal termasuk power supply. Jangan lupa membagikan informasi ini kepada orang-orang terdekat anda yang belum mengetahuinya. Apabila mereka menanyakan hal ini akan lebih baik jika anda segera memberitahu agar ilmu yang anda dapat bisa anda manfaatkan untuk orang lain.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …