Home >> Properti >> Rencana Perhitungan Anggaran Biaya Untuk Renovasi Rumah
Renovasi Rumah Minimalis

Rencana Perhitungan Anggaran Biaya Untuk Renovasi Rumah

Seiring berjalannya waktu harga properti yang semakin melambung tinggi, alasan ini bukan berarti faktor penghambat keinginan seseorang untuk memiliki rumah idaman. Jika memang ketersediaan dana yang tidak mencukupi , maka alternatif lain untuk membuat rumah terlihat menarik dan indah adalah dengan cara merenovasi. Namun yang di hadapi sekarang ini adalah biaya renovasi rumah yang terkadang agak memusingkan, untuk merenovasi rumah banyak hal yang harus di perhatikan agar biaya yang di keluarkan tidak terlalu banyak. Dalam kasus seperti ini kita harus pandai dalam mengatur keuangan dan kemudian mengalokasikan pada sektor yang perlu membutuhkan renovasi.

Seiring berkembangnya properti rumah yang di tandai dengan bermunculnya berbagai macam desain rumah terbaru dapat menjadi kabar buruk sekaligus kabar baik bagi kita yang sedang menginginkan properti rumah yang layak. Sisi lain dengan berkembangnya properti membuat kita senang dan bangga dengan berkembangnya desain rumah yang kelihatan cukup signifikan. Namum di sisi lain harga properti menjadi naik drastis sehingga membuat kita hanya bisa mengeluh dan tidak bisa membelinya. Dan mungkin alasan inilah yang membuat banyak orang untuk merenovasi rumah mereka.

Perhitungan Biaya Renovasi Rumah Minimalis

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan ketika merenovasi rumah memang membutuhkan perencanaan dan pertimbangan yang matang. Hal pertama yang harus kita perhatikan ketika merenovasi rumah adalah tujuan merenovasi rumah itu sendiri, apakah untuk menambah ruangan, memperbaiki ruangan yang rusak atau merubah struktur rumah. dari perencanan tadi kita dapat menentukan jenis renovasi seperti apa yang akan di lakukan. Apakah renovasi kategori ringan atau berat, setelah itu baru kemudian kita bisa mengkalkulasi biaya yang akan di butuhkan untuk merenovasi rumah tersebut.

Peran sumber dana atu biaya menjadi faktor utama yang sangat fital dalam upaya proses renovasi rumah,di mana dana tersebut sangat ideal jika di sesuaikan dengan kebutuhan renovasi rumah. maka dari itu dalam merenovasi rumah memerlukan perencanaan yang terkait dalam Rencana Anggaran Biaya ( RAB ), di mana perencanaan tersebut mencakup biaya keseluruhan seperti pengerjaan arsitektur,pengerjaan struktur serta biaya pengerjaan elektrikal dan mekanikal. Adapun untuk perencanaan anggaran biaya yang di butuhkan untuk melakukan renovasi rumah dapat kita simak detailnya berikut ini:

Biaya persiapan renovasi. Untuk biaya persiapan renovasi yang maksud adalah meliputi biaya pengukuran serta pembuatan bouwplank, biaya pembersihan area, serta biaya penyediaan listrik da air bersih. Khusus biaya ini merupakan biaya persiapan yang bisa di bilang agak mahal karena menyangkut biaya pembongkaran serta pembuangan sisa puing puing banguna rumah.

Biaya struktur Renovasi. Biaya ini meliputi biaya membuat pondasi, pelat lantai,atap serta kolom. Untuk besarnya biaya itu semua tergantung dari volume rumah yang akan di renovasi. Hal ini juga berpengaruh dalam menentukan berapa jumlah dan volume material banguna yang akan di butuhkan.

Biaya arsitektur rumah. biaya yang di gunaka untuk arsitektur meliputi biaya pembuatan dinding tembok, pemasangan batu bata, pemasangan atap rumah, pembuatan dan pemasangan kusen, instalasi alat sanitasi serta biaya terakhir yaitu pengecatan rumah.

Biaya ekektrikal dan mekanikal, yang di katakan biaya ini adalah meliputi biaya pemasangan AC, telepon rumah, instalasi listrik, lampu rumah serta lain lainnya.

Umumnya biaya yang di perlukan secara keseluruhan meliputi biaya arsitektur, biaya pengerjaan elektrikal dan mekanikal, biaya pengerjaan struktur bangunan yang di jadikan menjadi satu sering di sebut biaya pengerjaan kontruksi rumah. dari masing masing biaya tersebut kemudian di jumlahkan menjadi satu sehingga kita dapat mengetahui biaya yang di perlukan untuk merenovasi rumah idaman kira.

Dan apabila renovasi rumah yang akan kita lakukan ini tergolong bersekala kecil, kita masih bisa merencanakan rencana anggaran biaya sendiri. Namun sebaliknya jika perencanaan yang akan di lakukan cukup besar atau tergolong proyek yang bisa di bilang cukup besar, maka untuk menindak lanjuti proses ini bisa menghubungi ahli proyek yang sudah berpengalaman dalam menangani renovasi rumah. Dengan begitu kita bisa meminimalisir biaya pembengkakan di kemudian hari.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …