Home >> Teknologi >> Sejarah dan Perkembangan Yahoo
Yahoo

Sejarah dan Perkembangan Yahoo

Anda tentunya sering mendengar kata Yahoo, sebuah media yang lebih terkenal sebagai surat eletronik atau email ini memang sudah memiliki banyak pengguna di seluruh belahan bumi. Namun tau kah Anda apa sebenarnya portal web yang satu ini? Jerry Yang dan David Filo merupakan pendiri dari perusahaan yang satu ini. Awalnya mereka sebagai lulusan Universitas Standford ini hanya membuat sebuah bookmark atau petunjuk sebuah halaman buku. Saat itu lebih tepatnya pada April 1994, mereka mendapatkan sebuah tugas dari guru besar mereka untuk menjelajah dunia internet. Karena begitu besarnya bookmark yang ada, maka mereka mengkompilasikan atau mengelompokkan semuanya berdasarkan subyeknya.

Dari awal mula itulah, mereka para pendiri Yahoo berfikir untuk memasukkan semuanya kedalam sebuah website. Mereka belajar sebuah program database agar mereka dapat menangani secara online. Bermodal sebagai mahasiswa teknik, tentunya ini tidak sulit untuk mereka berdua lakukan, sehingga sekarang ini dikenalah bookmark mereka dengan sebutan tadi. Hebatnya lagi menurut sensus di tahun 2000, bookmark tersebut telah menerima pengunjung hingga delapan puluh juta setiap bulannya. Wow, tentunya sangat hebat bukan? Bagi Anda yang sering menggunakan email yang satu ini sudahlah tidak asing lagi. Bertukar atau berkirim surat elektronik dan data kini lebih mudah hanya dengan layanan dari perusahaan bookmark tersebut. Email yang dibuat oleh setiap pengunjungnyapun tidak dikenai biaya atau gratis.

Yahoo sendiri sebenarnya kini semakin berkembang. Tidak hanya bergerak dalam email atau surat elektronik saja, namun sudah merambah menjadi media chatting, koprol dan sebagainya. Karena sekarang ini media sosial selalu meminya sebuah email sebagai syarat regristrasinya, maka tidak heran jika layanan bookmark yang satu ini kini memiliki banyak akun yang terdaftar secara resmi lebih dari ratusan juta pengguna. Ada juga orang satu yang memiliki akun email lebih dari satu. Ini tentunya sah saja selama tidak melanggar aturan dari penyedia layanan. Namun lemahnya sistem keamanan di perusahaan bookmark ini atau semacamnya, maka banyak juga tindak kejahatan yang terjadi di dalamnya. Oleh karena itu, usahakan Anda untuk selalu mengkonfirmasi email Anda dengan benar agar akun Anda lebih aman dan terlindungi.

Banyaknya pengguna dari layanan bookmark ini, ada juga tempat diskusi khusus di dalamnya. Para pengguna dapat berdiskusi di dalamnya mengenai banyak hal dan topik yang sedang hangay diperbincangkan. Namun banyak juga beberapa layanan dari Yahoo ini yang sudah ditutup oleh perusahaan mereka sendiri karena satu dan berbagai hal lainnya. Beberapa layanan tersebut diantaranya adalah Y! Mash Beta, Y! Tech, Y! Photos, Y! 360, dan lainnya. Perusahaan layanan ini kini semakin berinovasi dan mempermudah para pengguna setianya untuk lebih nyaman lagi menggunakan media mereka.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …