Home >> Teknologi >> Sejarah Internet dari Awal Kemunculannya
Sejarah Internet

Sejarah Internet dari Awal Kemunculannya

Jaman semakin maju dan tentunya kita semua merasakan dan mengalami sendiri perkembangan jaman yang ada. Dimulai dari manusianya yang memang sudah mulai modern sampai pada tekonologi yang digunakan manusia juga turut modern. Salah satu kemodernan teknologi adalah kemunculan internet yang dimana dapat membantu pekerjaan manusia. namun sudahkah Anda tahu mengenai sejarah dari teknologi ini? Wah jika Anda belum mengethauinya mungkin dapat dikatakan ketelaluan juga ya soalnya kita sehari-hari juga tidak terlepas dari teknologi yang satu ini. Sehari-hari kita juga terhubung dengan teman-teman kerabat atau orang-orang yang kita sayangi yang jauh dengan bantuan dari jaringan teknologi ini .nah disini nanti kita akan mengulas mengenai asal mula dari teknologi yang telah berkembang ini untuk menambah pengetahuan Anda biar Anda juga tidak hanya sekedar pemakainya saja.

Sejarahnya itu sendiri dimulai pada Agustus 1962. Pencipta petamanya adalah J.C.R Licklider dari MIT Massachutts Institute of Technology. Ia mengembangkan konsep pertama internet dengan nama Galactic Network yang dimana orang-orang dapat mengakses data dan program dari mana saja. Nah dimulai dari ini nih sekarang kitapun dapat mengakses data, program informasi dari belahan dunia manapun dan kapanpun. Tidak cukup dengan itu. Pada tahun 1965 seorang pemeliti yang bernama Lawrence G. Roberts dan Thomas Merill melakukan koneksi computer TX-2 di MIT dengan computer Q-32 di California dengan menggunakan jalur telepon yang berkekuatan rendah. Alasannya adalah agar mendapatkan jaringan yang luas.

Nah selanjutnya pada tahun 1966 ini keduanya mengembangkan konsep yang dinamai ARPANET dan dipublikasikan pada tahun 1967. Akhirnya pada tahun 1969, ARPANET ini mampu menghubungkan 4 komputer dengan wilayah berbeda yaitu computer di University of California Los Angeles, computer di Stanford Research Imnstitute, computer di University of California dan computer di University Utah. Inilah menunjukkan bahwa sejarah internet itu sangatlah panjang dimulai dari pembuatannyta sampai pada pengembangan programnya. Jaman semakin berganti, ARPANET kini telah mengubungkan 14 buah computer dari tempat yang berbeda pula.

Tidak cukup sampai pada tahun 1972, Ray Tomlinson menulis di ARPANET dengan “user@host”. Kemudian pada tahun 1979 USENET beroperasi dengan dasar UUCP. Penciptanya sendiri merupakan dua orang mahasiswa yaitu Tom Truscott, Jim Ellis dan Steven Bellovin. Kemudian dilanjutkan pada tahun 1982 DCA (Defense Communication Agency) dan DARPA membentuk protocol TCP/IP untuk ARPANET. Kemudian tidak hanya sampai disitu saja sejarahnya kemudian berlanjut pada tahun 1994 dimana Yahoo mulai berkembang. Yahoo sendiri merupakan aplikasi yang dapat digunakan orang untuk keperluan chatting dengan teman-temannya yang jaraknya jauh. Pada tahun 1996 sendiri computer Dell mulai menjualkan produknya lewat teknologi ini dan pada tahun 1998 mesin pencari ternama Google mulai berkembang dan dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin yang keduanya merupakan mahasiswa Stanford. Begitulah perjalanan internet dari dulu yang dimana kita merasakannya di jaman sekarang. Nah jangan sampai kita melupakan sejarah ya.

Other articles you might like;

About Manshurin Online

Manshurin Online sebagai wadah berbagi informasi baik bisnis , internet , teknologi maupun motivasi. Semoga www.manshurin.com diberikan aman slamet lancar barokah

Check Also

PIN Google Adsense

PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya

PIN Google Adsense Sebagai seorang publisher Google Adsense, tentu Anda akan merasa sangat senang jika …