Home >> Teknologi >> Sejarah Jaringan Komputer
Sejarah Jaringan Komputer

Sejarah Jaringan Komputer

Pernahkan anda mengenal sejarah jaringan komputer? Bagi sebagian orang mungkin ada yang belum tahu ya. Hal ini karena tidak semua sekolah yang menjelaskan sejarah jaringan komputer terjadi. Umumnya guru komputer langsung mengajarkan mengenai bagian dalam komputer atau mengenai aplikasi yang bisa di gunakan untuk kehidupan kita sehari-hari. Namun tanpa kita sadari kita sering sekali bertanya dalam hati bagaimana sejarah jaringan komputer terjadi? Pada mulanya jaringan komputer di temukan oleh professor H. Aiken. Jaringan tersebut mulai di temukan pada tahun 1940-an melalui penelitian di Harvard University di Amerika Serikat.Pada perkembangannya hingga saat ini kita kenal secara garis bear terdapat lima jenis jaringan komputer.

Berikut ini adalah jenis-jenis jaringan komputer yaitu

1.   Local Area Network ( LAN )

Anda pasti sering melihat atau mendengar kata LAN ini di modem yang anda gunakan sehari-hari untuk jaringan internet yang ada di rumah anda. Ternyata LAN sendiri mempunyai pengertian yaitu berupa jaringan yang di miliki oleh pribadi yang biasanya berada di sebuah tempat misalnya rumah, gedung atau kampus dan memiliki ukuran hingga beberapa kilometer.

2.   Metropolitan Area Network ( MAN )

Sebenarnya MAN sama funginya dengan LAN namun memiliki cakupan atau pun skala yang lebih besar. MAN ini juga tak hanya mampu menunjang data namun juga suara. Bahkan bagi anda yang menyukai siaran TV kabel pun dapat berhubungan dengan jaringan tersebut.

3.   Wide Area Network ( WAN )

Jangkauan yang di miliki oleh WAN adalah jaringan yang di cakup dengan skala yang sangat besar. Mengapa di sebut sangat besar? Hal ini karena jaringan komputer dapat menjangkau tak hanya satu tempat dengan tempat yang lain melainkan negara bahkan benua. Yang perlu anda ketahui adalah WAN juga mencakup dari semua mesin yang memiliki tujuan untuk dapat mengoperasikan aplikasi yang di miliki oleh pemakai.

4.   Internet

Untuk bisa melihat dunia biasanya orang jaman dahulu akan pergi menggunakan kendaraan darat atau pun laut untuk menyusuri dunia. Dengan begitu maka kita akan dapat melihat di dunia ada apa saja dan bagaimana perkembangannya. Namun dengan adanya internet maka anda tidak harus keliling dunia dengan kendaraan tetapi anda bisa menggunakan media internet untuk dapat melihat indahnya dunia seperti apa. Hal ini selain lebih menghemat biaya juga akan lebih fokus untuk mengetahui apa saja yang ingin anda tanyakan.

5.   Jaringan tanpa kabel

Dengan perkembangan jaman yang serba maju telah di temukan jaringan tanpa kabel. Jaringan semacam ini di temukan untuk perkembangan ilmu pengetahuan. Jaringan tanpa kabel bisa di manfaatkan menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat bagi perkembangan jaman. Salah satu manfaat dari jaringan tanpa kabel misalnya orang ingin berkomunikasi dengan orang lainnya yang berada dalam pesawat. Atau untuk memanfaatkan jasa satelit yag sangat berguna bagi kemajuan pengetahuan dan juga tekhnologi.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …