Home >> Teknologi >> Sejarah Komputer dari Masa Ke Masa
Sejarah komputer

Sejarah Komputer dari Masa Ke Masa

Komputer merupakan salah satu penemuan teknologi yang berdampak cukup besar pada kehidupan manusia. Sejarah komputer sebagai salah satu penemuan yang besar di dunia ini, tentunya menjadi hal yang membuat kita penasaran, bukan? Apalagi, bagi Anda yang memang merasakan langsung apa dampak komputer yang bisa kita rasakan. Banyak sekali pekerjaan yang kemudian menjadi begitu mudah untuk dilakukan dan juga cepat. Koneksi komputer pun menjadi sesuatu yang begitu penting adanya, dan membuat kita menjadi lebih nyaman saat menggunakannya untuk segala jenis transaksi.

Berbicara tentang sejarah komputer sebagai alat pengolah data sesuai dengan perintah yang memang sebelumnya sudah dirumuskan, komputer bisa dikatakan berkembang sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Komputer generasi pertama berkembang pada masa sejak Perang Dunia II, dimana komputer pada masa itu dijadikan salah satu alat perang dingin dan adu kehebatan dari negara-negara yang terlibat perang tersebut. Pada awalnya, Konrad Zuse, pada tahun 1941 mengembangkan komputer untuk membantunya dalam merakit pesawat terbang yang sudah disertai dengan peluru kendali. Setelah Jerman sukses dengan komputer milik mereka, pihak lain pun ikut serta untuk mengembangkan kemajuan komputer, hingga pada tahun 1943, Inggris sudah berhasil menciptakan komputer yang mempunyai kemampuan untuk memecahkan kode rahasia yang kemudian diberi nama Colossus.

Setelah generasi pertama komputer dunia, sejarah komputer kemudian berkembang menjadi lebih pesar hingga mencapai generasi kedua. Pada perkembangan kali ini, komputer berkembang ditandai dengan adanya transistor yang kemudian begitu berpengaruh pada kinerja komputer secara umum. Apa itu yang kita sebut sebagai transistor? Transistor adalah sebuah alat yang bisa menggantikan tabung vakum yang ada pada televisi, komputer dan juga radio. Dengan ditemukannya transistor, tentunya ukuran dari komputer pun kemudian menjadi lebih kecil, jika dibanding dengan sebelumnya. Sementara itu, generasi ketiga dari perkembangan komputer ditandai dengan adanya perkembangan dengan menggunakan batu kuarsa.

Kinerja batu kuarsa ini digunakan untuk menghilangkan atau mengurangi panas yang disebabkan oleh penggunaan transistor. Pada tahun 1958, Jack Kilby, berhasi mengembangkan sebuat IC atau integrated circuit yang memiliki pasir kuarsa di dalamnya. Sementara itu, untuk komputer dengan generasi keempat, teknologi yang sudah ada pun sudah semakin maju dan berkembang. Setelah adanya IC, komputer berkembang dengan lebih jelas. Yang pertama, setelah ditemukannya LSI yang bisa menampung ratusan jenis komponen komputer pada sebuah chip, kemudian berkembang hingga VLSI yang bisa menampung ribuan komponen. Setelahnya, sejarah komputer berkembang lagi menjadi ULSI yang menampung jutaan komponen dalam satu chip. Sementara untuk komputer generasi kelima ini masih terbilang sulit untuk didefinisikan. Hal itu dikarenakan komputer generasi kelima masih dalam tahap pengembangan. Jadi, apa pendapat Anda tentang perkembangan komputer dari masa kemasa?

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …