Home >> Teknologi >> Serba-Serbi Ncomputing
Ncomputing

Serba-Serbi Ncomputing

Ilmu dan teknologi terus berkembang, bahkan perkembangan teknologi termasuk perkembangan yang sangat cepat. Waktu sati dekade saja, perkembangan tekonolgi sangat beragam dan terus menerus menciptakan inovasi. Perkembangan teknologi ini dimaksudkan untuk terus membuat perangkat yang lebih memudahkan pekerjaan manusia. Begitu juga dengan  Ncomputing yang merupakan teknologi baru dalam dunia IT.

Apa itu Ncomputing?

Ncomputing memang belum terlalu banyak dikenal oleh masyarakat, mungkin hanya orang-orang dari kalangan dunia IT yang mengetahui karena lebih tertarik dengan produk IT baru. Ncomputing adalah suatu terminal komputer yang memungkinkan banyak komputer mengakases satu server yang sama. Ncomputing ini lebih mirip dengan thin client. Produk ini lahir dari gagasan Young Song dan Klaus Maier untuk membuat perangkat lunak yang dapat lebih praktis dan handal daripada komputer.

Ncomputing ini diproduksi oleh perusahaan yang berada di Redwood, California, Amerika Serikat. Perusahaan Ncomputing membuat Ncomputing yang merupakan bentuk virtualisasi dari hardware dan software yang menjadi virtual dekstop. Dengan Ncomputing, virtual dekstop dapat dibagi untuk beberapa komputer. Ncomputing hadir dalam 3 seri, yaitu : Seri X, Seri U, dan Seri L.

Mengapa produk ini diberi nama Ncomputing? Ncomputing memang dirancang sebagai terminal yang dapat digunakan beberapa komputer, konsep tersebut menginspirasi perusahaan untuk memberi awalan ‘N’ yang diadopsi dari variable matematika yang berarti dapat ditambah. Sehingga arti Ncomputing ini akan sesuai dengan maksud pembuatan Ncomputing.

Perusahaan Ncomputing telah mengembangkan sayap ke penjuru-penjuru dunia, seperti cabang resmi Austrlia, Jerman, Rusia, Inggris, Korea, India, serta Kanada. Untuk Indonesia memang belum ada cabang resmi, namun terdapat satu-satunya distributor yaitu PT Megatronix Mitraniaga.

Keistimewaan Ncomputing

Ncomputing telah dikenal karena kepraktisannya yaitu dirancang sedemikian rupa tanpa perlu CPU, CD-ROM dan Hard Drive.Produk ini mendukung Operating System Windows dan Linux, terutama Ubuntu. Untuk menjalankan Ncomputing, satu CPU sebagai server cukup untuk menjalankan beberapa terminal client.

Hal tersebut berarti Anda dapat mengencangkan ikat pinggang karena tidak membeli CPU, produk ini juga termasuk ramah lingkungan karena pamakaian daya yang lebih sedikit dan tidak cepat panas seperti komputer-komputer kebanyakan. Sekali lagi Anda akan dapat menghemat biaya untuk tagihan listrik karena produk ini hanya membutuhkan 5 watt daya. Nilai ekonomis dari Ncomputing yang cukup menggiurkan ini cocok untuk digunakan di tempat usaha yang berkaitan dengan IT seperti warnet, atau instansi seperti sekolah atau kantor. Tidak perlu lagi mencari tempat yang luas untuk meletakkan CPU.

Keistimewaan apalagi yang ditawarkan oleh produk ini? Keamanan data juga terjaga jika memakai Ncomputing karena Ncomputing menyediakan workspace di server bagi tiap pengguna. Harga produk ini juga beragam tergantung jenis dan spesifikasinya, harga berkisar dari satu juta rupiah hingga 6 juta rupiah.

Other articles you might like;

Incoming search terms:

  • manfaat ncomputing

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …