Home >> Bisnis >> SINAU BRANDING # 1 (Pelajaran Dasar Brand)
Belajar Branding - Pelajaran Dasar Branding

SINAU BRANDING # 1 (Pelajaran Dasar Brand)

Belajar dari cushy sang keripik buah dari malang milik pak mansur… kalo ke malang dan mampir ke toko oleh-oleh pasti disuguhi buah-buahan khas malang dan juga karya lain warga malang yaitu keripik buah. Perhatikan dua gambar diatas, gambar A atau gambar B … dan mayoritas di malang semua bungkus kripik buah mirip dengan gambar A, jadi kalo di rak kripik buah maka orang tidak pernah tahu mereknya apa (tulisan merek kecil) akhirnya sebagian akan mencari berdasar nama buah, bukan merek. Nah sedikit berbeda dengan gambar B, nama dan logo merek lebih menonjol, dan rasa buah berdasar warna, jadi kalo orang masuk toko oleh-oleh yang terlihat pertama adalah merek “cushy”, sehingga pengemar kripik buah akan lebih mudah menemukan cushy, bahkan meski hanya melihat sekilas. oke… kita bahas satu-satu.

1. Pilihan Nama
Cari nama yang unik dan mungkin menarik, serta mudah diingat, nama : cushy cukup unik dan menarik, beberapa orang saat tahu nama ini untuk keripik mungkin akan bertanya, “kenapa nama cushy? aneh?” hehehehe… imajinasi liar calon customer yang kita kejar… itu akan membuat nama mudah dikenali dan diingat,…
pernah tahu merek : penyetan cok, mie setan, pecel bledek, bakso mbledos, atau yang lain… itu karena ingin mengejar imajinasi liar calon customer, minimal mengundang senyum mereka.

jadi pilih nama yang menurut Anda menarik, dan kalo perlu menohok… btw saya pengen buat kaos distro surabaya dengan merek “CUK!”(kepanjangan dari : Cocok Untuk Kamu)… sayang belum kesampaian hehehehe…

2. Gambar / Logo Brand
kalo logo brand ini masuk ranahnya orang desing grafis, kl skrng DKV (design komunikasi visual)… saya yakin merek cushy ada konsultan design-nya… hehehehe… minim yang buatin teman yang bisa design logo. em… urusan logo, kalo kamu gak jago design gampang aja, pakai mbah google gunakan kata kunci “logo” atau “merk logo” trus edit-edit dikit… beri nama dan jadilah logo.
atau kalo paling males bikin logo, tenang… inisial nama merek kamu dan dibingkai, kayak facebook, twitter.
bisa juga nama merek utuh dan dibingkai kayak samsung. Atau nama biasa trus dihias sedikit, kayak asus dan lenovo.

jadi urusan logo gak usah kawatir, gak usah takut, semua alternatif bentuk sudah ada, tinggal sesuaikan selera, dan keinginan. apapun logonya, nama merek harus tetap lebih menonjol, karena kita jual merek bukan logo, tapi kalau brand sudah kuat, logo sudah akan mewakili merek.

3. Tulisan Merek
ini sederhana namun menarik, bentuk tulisan juga harus mulai diperhatikan, gunakan font yang unik dan warna yang menarik pula (tidak harus cerah). dengan font yang unik akan membuat orang langsung mengenali merek kita, meski hanya melihat sekilas. soal font bisa download diwww.1001freefonts.com/ ada banyak pilihan font disana.

4. Kemasan
Kemasan itu bukan hanya unik dan menarik, tetapi juga mesti beda dengan yang lain. ada pepatah mengatakan “don’t judge a book by its cover” memang harusnya gitu… tapi kenyataannya cover / kemasan yang bagus akan membuat orang tertarik.
btw, cerita dulu ya : ada pelayan warkop yang wajahnya biasa, ada 2 palanggan saat salah satu pelanggan iseng ke pelayan, si temannya bilang “wajahnya biasa”… aku orang ketiga pun nimpali, “bro, aurel anaknya krisdayanti itu apa ya cantik?, kurang lebih sama dengan dia (pelayan), hanya masalah anak artis dan berdandan jadi terlihat cantik” … its jangan salah persepsi dulu, itu lah brand, brand aurel anak krisdayanti… dan kemasan aurel dengan make up dan baju mahal tentunya… orang jadi suka, bahkan cinta.
kembali ke gambar A dan gambar B, hampir semua kemasan keripik buah bentuknya kayak gambar A, tapi gambar B mencoba dengan kemasan yang berbeda (dan menurut saya elegan)… dengan begitu orang akan lebih tertarik memilih gambar B daripada A, betul?

Jadi bagi yang mulai buka Toko Online, atau Jualan Produk. mulailah mem-brand produk Anda / Toko Anda, karena kekuatan kita nantinya. “apalah arti sebuah nama” tapi nama yang indah akan lebih mudah dikenang, daripada kamu dipanggil “heh” atau “ndul” bisa juga “jo”… mending buat nama indahmu sekarang, kalopun kemudian tetap dipanggil “heh”, “ndul” atau “jo” sesungguhnya mereka ingin memuji namanya tapi malu mengungkapnya… cie.. cie…

Sementara itu dulu, Tulisan BAB 1, insya Alloh ada Lima BAB lagi, dan 4 Tali untuk Online Branding.

Semoga Manfaat dan Barokah

Other articles you might like;

About Wisnu Aby Kanaya

Check Also

Wisnu Purnaedi – Internet Marketer Manshurin Nganjuk

Perkenalkan saya Wisnu Purnaedi, lahir di Nganjuk Jawa Timur beberapa tahun silam (kata mama pamali …