Home >> Bisnis >> SINAU BRANDING #3 – PEMBEDA (Kekuatan Brand)
SINAU BRANDING #3 - PEMBEDA (Kekuatan Brand)

SINAU BRANDING #3 – PEMBEDA (Kekuatan Brand)

Kekuatan pembeda akan menjadi kekuatan baru dalam mem-branding. masalahnya muncul kemudian seberapa kuat brand kita mampu berada di perbedaan itu… di masa kritis survival, kita harus berani membawa brand kita dengan perbedaan itu, kalo tidak Mati…

Coca cola sukses di amerika itu karena membawa sesuatu yang beda, softdrink… minuman tanpa alkohol pertama yang hadir dalam bentuk botol, awalnya mati-matian coca cola membranding produk non alkohol itu, tapi setelah melewati masa itu kini jadi beberapa merek terbesar dunia.

aqua di penjual air putih dalam kemasan, awal nya juga di-caci maki, air putih kok dijual… (keinget iklan aqua jaman dulu yang di iklan itu cerita perjuangan mem-branding air putih dalam kemasan)… berat, namun kini berhasil dan menjadi merek Air Minum Dalam Kemasan terbaik. yang membedakan adalah higienis, segar dan bisa didapat dimana-mana.

kalo dulu kita belajar di satu merek cushy, kini kita belajar dari dua merek mbah man, yaitu cushy dan kue lapis.

kita bahas cushy, kalo cushy tidak terlalu beda dengan kompetitor, hanya segi kemasan lebih elegan dari kompetitor (ini juga sudah cukup dahsyat), dan yang menarik juga adalah sistem marketingnya, hehehe… kalo yang lain sukanya dilempar ke toko, kalo ini langsung ditawarkan ke orang per orang yang mau jadi agen… (kemarin katanya mau di format MLM, sudah jalan belum ya?) …

sekarang bahas Kue Lapis, hehehe… kemarin ngicipin kue lapis… rasanya uenak… temen-temen di grup mungkin tahunya kue lapis sangkuriang dengan bahwan talas nya, ini menjadi pembeda… karena memodernkan bahan “tradisional” menjadi roti dengan bentuk elegan… asyik! .. ternyata si empunya, gak berhenti di kue lapis sangkuriang, kini dia punya “kue lapis suroboyo”… dengan bahan baku yang berbeda yaitu menyok.. (ketela pohon). pas kemarin pulang dari sidoarjo lewat jalan kutai eh.. lihat kue lapis suroboyo, nah ini milik mbah man, nginceng sebentar wuih yang beli keluar masuk lagi dan lagi… penasaran apa yang membuat pelanggannya langsung rame… saat masuk, lihat kue nya ada yang brownies dan original (baru dua varian)… apa yang membedakan dengan yang lain, wuih… harganya cuman 25rb, brownis 28rb… em… ini dia, pembeda nya yang banyak disuka orang… lebih murah dari kompetitor si am*nda. dan dari outlet yang di design suraboyo dan kerja sama dengan beberapa produk lokal suroboyo… kekuatan pembeda berikutnya adalah menggunakan Merek Lokal… si empunya membranding lokal, yang di bogor kue lapis sangkuriang, yang di suroboyo kue lapis suroboyo. kalo empunya akan buka dikota lain, kayaknya akan menggunakan merek lokal sana… ini pembeda yang unik. dengan merek lokal akan menjadi semacam cinderamata. misal ente orang kediri datang ke sby beli si am*nda… gak ada istimewa nya, karena di kediri juga sdh ada… nah kalo bawa kue lapis suroboyo, ini yang tidak ada di kediri, unik kan.
(oh ya kenapa saya bandingkan dengan am*nda, karena rupanya si empu pakai jurus ATM (amati, tiru, modifikasi) ke am*nda)

oke, sekilas tentang pembeda di merek offline… sekarang bahas di online… kita bicara produk affilet dari rat*kan… rame-rame banyak yang jadi affilieter nih. nah branding pembeda dari masing-masing affilieter juga keren, mereka berlomba2 jualan produk rat*kan dan kalo membeli dari link mereka akan dapat bonus, ini juga asyik! menawarkan pembeda (berupa BONUS) saat kita beli dari link affiliet mereka.

Banyak cara membuat produk kita beda, dan layak dibeli dengan harga yang mungkin lebih tinggi. saya kalo jualan selalu membuat sesuatu yang beda, saya jarang main di harga.. kalo menurut saya harga sudah pas… maka kita main di bonus atau pembeda lain (seperti kemasan, kecepatan pelayanan dll)… nah saya suka adalah (ini terbukti works dan pembeli akan beli lagi) karena saya punya toko online, barang mesti dikirim dong, nah kalo pengiriman telat akan saya beri bonus, sebagai tanda permintaan maaf telat kirim…

sekian dulu tips kali ini, next insya Alloh akan hadir.

Semoga Manfaat dan Barokah

Other articles you might like;

About Wisnu Aby Kanaya

Check Also

SINAU BRANDING # 1 (Pelajaran Dasar Brand)

Belajar dari cushy sang keripik buah dari malang milik pak mansur… kalo ke malang dan …