Home >> Social Media >> Social Media, Ruang Interaksi Sosial di Dunia Maya
Social Media
Social Media

Social Media, Ruang Interaksi Sosial di Dunia Maya

Jika mendengar kata social media tentunya pikiran kita langsung terarah pada generasi muda saat ini yang “merunduk” atau menduduk saat berjalan di mall, makan dengan keluarga atau teman, bahkan saat sedang di sekolah. Mengapa social media berhubungan dengan hal – hal yang berbau negatif seperti itu? Pada dasarnya social media merupakan “alat” yang diciptakan untuk membantu kita dalam berhubungan sosial namun dengan orang – orang yang tidak mampu kita capai jaraknya. Sayangnya social media justru membuat generasi muda saat ini menjadi generasi muda yang “menuduk” karena mereka terlalu fokus dengan apa yang ada dalam gadget mereka. Lalu apa itu sosial media? Apa saja kelebihan dan kekurangan social media? Serta apa saja aplikasi social media yang ada saat ini?

Social media atau yang disebut dengan media sosial dapat dikatakan sebagai media yang digunakan untuk berkomunikasi tanpa melakukan tatap muka. Sosial media juga dapat dikatakan sebagai alat untuk mengobrol dengan mereka yang jauh. Lalu, apa saja kelebihan sosial media? Berikut kelebihan sosial media yang dapat kita peroleh. Pertama, sosial media memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan mereka yang memiliki jarak yang jauh dengan kita. Jika kita ingin mengobrol dengan mereka, kita hanya perlu membuka sosial media. Maka, kita akan terasa lebih dekat dengan dia. Kelebihan atau keuntungan kedua saat kita memakai fitur – fitur sosial media, kita mendapatkan informasi dengan mudah dan cepat. Media sosial juga salah satu alat yang bisa kita pergunakan untuk mendapatkan ilmu. Selain memiliki kelebihan, sosial media yang digunakan juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan sosial media yang sering terjadi antara lain: sosial media membuat kita menjadi kecanduan. Seringkali bermain sosial media membuat kita terlalu asyik sehingga kita lupa untuk melakukan hal lainnya. Dalam hal ini kita lebih memilih untuk bermain sosial media tadi. Selain membuat kecanduan, terlalu banyak bermain sosial media juga sebenarnya menjauhkan yang dekat. Bayangkan saja ketika kita bermain sosial media kita fokus pada sosial media lalu orang – orang yang disekitar kita tidak mendapat perhatian dari kita dan hal tersebut tentunya menjauhkan kita dari orang – orang disekitar kita.

Setelah membahas kelebihan dan kekurangan kita menggunakan sosial media, berikutnya kita akan membahas aplikasi sosial media yang sedang digandrungi oleh anak – anak muda atau generasi muda saat ini. Aplikasi sosial media pertama yang digandrungi ialah path. Mengapa path menjadi aplikasi yang digandrungi? Pada dasarnya dengan menggunakan path kita bisa berbagi lokasi dengan orang – orang disekitar kita. Selain itu, path juga lebih bersifat private sehingga mereka yang berteman dengan kita tentunya bukan sembarang orang. Selain path, aplikasi yang digandrungi lainnya adalah instagram. Dengan instagram kita bisa berbagi foto dan video. Khususnya bagi generasi muda yang mencintai bidang fotografi bisa memamerkan hasil karyanya melalui media sosial instagramnya.

Apapun jenis media sosialnya seharusnya kita sebagai generasi muda menggunakannya dengan lebih bijak. Apa yang baik di sosial media harus menjadi sesuatu yang kita manfaatkan dan yang buruk dari sosial media harus mampu kita pilah dan pilih. Jangan sampai sosial media menjadi sesuatu yang menjerumuskan kita pada sesuatu yang buruk. Kita yang membuat sosial media harus kita pula yang mengatur sosial media tersebut. Lebih baik apabila kita berkarya.

Other articles you might like;

About Manshurin Online

Manshurin Online sebagai wadah berbagi informasi baik bisnis , internet , teknologi maupun motivasi. Semoga www.manshurin.com diberikan aman slamet lancar barokah

Check Also

ASUS K31AN-ID001D Desktop Asus Murah dan Bersahabat

Asus menjadi salah satu merk yang mencuri perhatian berkat berbagai berbagai terobosan teknologi yang mereka …