Home >> Teknologi >> Software >> Windows 98
Windows 98

Windows 98

Sistem Operasi Windows 98, Salah Satu Produk Windows Paling Antik

Perusahaan software raksasa dunia yaitu Microsoft mengeluarkan berbagai macam seri sistem operasi dengan berbasis windows. Seperti yang kita tau, dan bahkan mungkin diantara kita juga pernah menggunakan sistem operasi windows yang satu ini saat tahun 90an hingga pertengahan 2000an. Windows 98 resmi diluncurkan oleh Microsoft pada tahun 1998 yang tepatnya pada tanggal 25 Juni dan bertempat di San Fransisco. Jika sebelumnya Mircosoft mengeluarkan sistem operasi Windows 95, maka generasi penerusnya yaitu 98 tentunya jauh lebih baik. Kelebihan dari seri 98 ini adalah performanya yang bagus untuk Anda bermain game. Mengapa dikatakan demikian? Karena Microsoft menggunakan background service lebih minim sehingga tentunya menjadi lebih ringan.

Jika ada kelebihan tentunya ada kekurangannya bukan? Karena pada masa itu tekhnologi belum begitu berkembang pesat, maka kendala pada windows 98 ini pun banyak ditemukan. Beberapa contohnya adalah tampilan yang kurang menarik, windows hanya dapat di instal pada drive C saja, kemudian sistemnya juga kurang stabil. Akibat dari sistem yang kurang stabil adalah sering terjadinya keadaan Blue Screen yang sangat menganggu. Intinya masih banyak kekurangan yang ditemukan pada seri windows yang satu ini. Namun hebatnya seri operasi 98 ini adalah kemampuan sistem ini dalam mendownload secara otomatis atau sendiri pada file file update dari sistem operasinya.

Sistem operasi Windows 98 ini memang diciptakan lebih baik dari windows 95, namun ternyata ada kelemahan yang membuat seri sistem 98 ini kurang baik dari windows 95 yaitu ruang harddisk dan memori yang lebih boros jika dibandingkan pendahulunya. Pada awal kemunculannya, internet pada sistem 98 dapat diakses dengan lebih cepat dari pada windows 95. Setahun berlalu, nampaknya Microsoft belum puas dengan seri pertama dari sistem operasi 98, sehingga munculah seri Second Editionnya. Seri ini menawarkan banyak hal yang diperbaiki dari pendahulunya yaitu 98 first edition. Beberapa masalah minor pada seri terdahulunya diperbaiki pada seri second edition ini. Selain itu second edition juga menawarkan Connection Sharing yang lebih membantu banyak penggunanya dalam mengakses internet.

Tentunya pada seri sistem operasi 98 second edition ini banyak sistem yang lebih stabil dan mudah digunakan jika dibandingkan dengan first editionnya. Jika dilihat dari beberapa perbaikan yang dilakukan perusahaan software raksasa bernama Microsoft ini tentunya mereka selalu melakukan perbaikan untuk mendapatkan sistem operasi yang lebih stabil lagi dan nyaman untuk digunakan oleh para penggunanya. Windows 98 memiliki masa dukungan dan berakhir pada tahun 2006 yaitu tepatnya pada tanggal 11 Juni dan kemudian diteruskan oleh Windows ME yang telah dirancang lebih baik lagi dari seri sistem operasi pendahulunya.

Other articles you might like;

About Manshurin Online

Manshurin Online sebagai wadah berbagi informasi baik bisnis , internet , teknologi maupun motivasi. Semoga www.manshurin.com diberikan aman slamet lancar barokah

Check Also

PIN Google Adsense

PIN Google Adsense dan Cara Verifikasinya

PIN Google Adsense Sebagai seorang publisher Google Adsense, tentu Anda akan merasa sangat senang jika …