Home >> Teknologi >> Software >> Windows Server 2012
Windows Server 2012

Windows Server 2012

Intip Fitur-Fitur Baru Windows Server 2012

Ada yang Baru di Windows Server 2012

Windows Server 2012 persembahan Microsoft menerapkan pengalaman operasi dengan pusat data global. Hadir dengan interface baru yang selanjutnya dikenal sebagai Metro. Jika diintip lebih jauh ada beberapa fitur canggih baru yang dihadirkan.  Beberapa fitur baru tersebut diantaranya:

  • GUI On/Off

GUI kini hadir dengan lebih stabil. Anda kini secara bebas bisa mengaktifkan atau menonaktifkan GUI sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila Anda membutuhkan command line Anda bisa menonaktifkan GUI atau sebaliknya.

  • Server Manager

Server Manager pada Windows Server 2012 hadir secara lebih mutakhir. Dengan fitur Server Manager kini Anda bisa mendeploy beragam role pada server virtual atau fisik dengan cara remote.

  • Server Message Block 3.0

Server Manager Block 3.0 adalah versi terbaru. Server Manager Block 3.0 kini support fitur SBM Scale out, SBM transparent failover, dan lain sebagainya. SQL database kini pun makin mudah disimpan dalam fitur SBM share.

  • Dynamic Access Control

Dynamic Access Control kini hadir secara terintegarasi untuk meningkatkan sistem keamanan. Sistem keamanan kini bisa dibuat secara lebih terpusat sehingga lebih menguntungkan.

  • DirectAccess

DirectAccess hadir di sebagai fitur baru pengganti VPN. Fitur ini hadir sebagai penyempurna DirectAccess pada Windows Server 2008 R2 yang sebelumnya didapati belum support IPv6 dan belum dapat divisualisasi. Akan tetapi, kini DirectAccess bekerja dengan lebih efektif karena sudah support Hyper-V virtual machine.

  • Storage Spaces

Fitur baru ini dapat membantu Anda memiliki tambahan disk. Anda bisa membuat storage pool dengan menggunakan hard drive milik Anda dimana dapat dibagi menjadi space seperti halnya physical disk.

  • VDI Makin Stabil

Microsoft menghadirkan VDI pada Windows Server 2008 R2, sayangnya belum diimplementasi maksimal. Kali ini VDI hadir makin stabil dimana Anda dapat menggunakan virtual GPU berdasar server hardware. Jadi untuk memakai RemoteFX kini Anda tidak memerlukan GPU graphics card lagi.

  • Replikasi Hyper-V

Salah satu fitur baru lainnya yang dihadirkan yaitu replikasi Hyper-V. Peranan dari fitur ini adalah menjadi skenario bagi disaster recovery. Fitur replikasi Hyper-V akan mencatat adanya perubahan-perubahan log pada disk di dalam virtual machine. Tidak hanya itu untuk lebih lanjutnya replikasi Hyper-V juga akan melakukan perbandingan dan mengompresi dalam kaitannya dengan proses sinkronisasi yang untungnya mampu melakukan penghematan bandwith.

Lisensi Windows Server 2012

Sekarang sudah bukan jamannya lagi bingung-bingung mengenai lisensi server yang Anda butuhkan. Windows Server 2012 kini hanya akan memberi 4 jenis varian saja. Keempat varian tersebut diantaranya yaitu Standard, Datacenter, Essentials, dan Foundation. Lisensi Standard dan Datacenter diterapkan berdasar pada per-processor dan CAL. Adapun lisensi Essensial dan Foundation diterapkan bagi perusahaan kecil dengan lisensi per-server dimana ada batas user account. Lebih tepatnya hanya 25 user account untuk lisensi Essential dan 15 user account untuk lisensi Foundation.

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Hafaria Shop Grosir Tas Brillante Murah

Grosir Tas Brillante Murah dan Terlengkap

Dimana Grosir Tas Brillante Terlengkap ? Semakin banyak inovasi yang dilakukan oleh produsen tas Brillante …