Home >> Mbahmania >> Wisnu Purnaedi – Internet Marketer Manshurin Nganjuk
Wisnu Purnaedi

Wisnu Purnaedi – Internet Marketer Manshurin Nganjuk

Perkenalkan saya Wisnu Purnaedi, lahir di Nganjuk Jawa Timur beberapa tahun silam (kata mama pamali ngomongin umur xixixi), lahir sebagai Anak Kesatu sekaligus Anak Terakhir (baca : tunggal), besar di kota kecil nan berangin (Kota Angin Nganjuk) dan sekarang domisili di Gresik.

Sejak kecil sangat suka gambar, bahkan sering kali diminta mewakili sekolah untuk lomba gambar diluar saat TK dan SMA. Hingga lulus SMA sempat bercita-cita menjadi design grafis. Tapi karena tidak ada restu dari Mama, yang waktu itu ingin sekali saya kuliah hukum, wal hasil sebagai anak yang sholeh yang patuh pada orang tua (cie…) ikut lah dengan petunjuk beliau kuliah di Fakultas Hukum, di Kota Kediri saja.

Mengenal internet saat kuliah (tahun 2000an), meski waktu itu ber-internet hanya untuk chatting di MIRC (hahaha… masih ada yang chat di MIRC). Selain itu sering juga mengerjakan tugas kuliah dengan bantuan internet juga, bahkan Dosen Hukum Internasional saat itu sempat tercengang melihat isi tugas kuliah saya mempunyai data lengkap dan rinci tentang Gerakan Separatis di Indonesia yang sudah punya jaringan Internasional.

Keasyikan menggunakan Internet membawa saya mengambil skripsi “Kejahatan Kartu Kredit (Carding) di Internet sebagai Kejahatan Kerah Putih”, meski agak pusing cari bahan karena waktu itu masih minimnya bahan refrensi tentang Cyber Crime, apalagi dulu materi online belum boleh jadi sumber bahan skripsi, namun perjuangan membuahkan hasil nilai A untuk skripsi saya.

Mengenal bisnis online tahun awal 2006, sempat menjalankan, karena akhirnya tahu bahwa sistem kerjanya hanya Money Game, berhentilah saya menjalankan bisnis itu. Kemudian keinginan bisa membuat website hingga mengantarkan saya ke salah satu mastah blog wordpress dari sidoarjo. Karena saat itu masih harus online di warnet, akhirnya saya hanya belajar membuat website saja, setelah bisa buat website ya sudah.

Mengenal Facebook untuk pertama kali tahun 2008, beralihlah dunia chat MIRC ke FB, dan FB mengantarkan untuk pertama kalinya saya menghasilkan uang dari online, yaitu menjualkan tiket seminar pengembangan diri. Dan langkah awal itu juga saya mulai jualan online materi terkait pengembangan diri, yaitu DVD tutorial. Dan saya juga saya berkenalan dengan juga dengan om kaskus, sebagai media komunitas dan berjualan.

Pertengahan 2010 mulai berpikir untuk menjual produk saya sendiri, namun masih bingung produk apa dan dari mana mulainya. Hingga akhirnya menyadari bahwa yang saya hobi-kan bisa dijual, mulailah awal 2013 menyusun strategi berjualan apa yang berhubungan dengan hobi saya, Alhamdulillah masih berjalan lancar sampai sekarang.
Pesen saya “dunia online menawarkan banyak hal, dari yang negatif dan positif, ambilah yang positif dan kembangkanlah terus”

Saya dulu pernah terombang-ambing dalam kebingungan mau bisnis online dengan teknik apa, toko online kah? adsense kah?, amazon kah? ebay kah? hingga membuat saya mempelajari semua, dan wal hasil malah tidak jadi semua, hampir 3 tahun masa pencarian itu, sampai saya menemukan malah sesuatu yang sebenernya sudah ada di saya.

Menurut saya dari semua bisnis online yang paling mudah diawali adalah JUALAN PRODUK FISIK. Jadi pesen saya yang kedua “mulailah dengan jualan (apapun iti), cari tahu apa yang dekat denganmu, entah skill, ketrampilan, atau produk jadi, jika tidak di kamu, di sekitar rumah/lingkungan mu, atau teman-temanmu, apa yang bisa dijual. Kemudian kemas itu dan jualah, gunakan media penjualan online yang gratis aja, seperti kaskus, tokopedia dan bukalapak, atau via medsos seperti FB, twiter, instagram. Setelah menikmati uang dari jualan online itu akan jadi spirit untuk mengembangkan ilmu ke bisnis online yang lain, seperti adsense, amazon, ebay, atau yang lain”. (Intinya Fokus dulu yang paling mudah, setelah lancar dan menghasilkan mulai bergerak ke yang tingkat lebih tinggi)

INGAT “ambilah yang positif dan kembangkanlah terus”.
dan “Gak ada yang instan, semua ada proses (bahkan mie instan saja, ada tahapan proses hingga diakhirnya siap dihidangkan)”

So Keep Trying and Praying.

Other articles you might like;

About Wisnu Aby Kanaya

Check Also

SINAU BRANDING # 1 (Pelajaran Dasar Brand)

Belajar dari cushy sang keripik buah dari malang milik pak mansur… kalo ke malang dan …