Home >> Blogging >> WordPress, Domain Ringkas dan Nyaman untuk Setiap Blogger
Wordpress

WordPress, Domain Ringkas dan Nyaman untuk Setiap Blogger

Apakah Anda suka menulis di blog dan ingin membuat blog Anda sendiri? Di jaman yang semakin modern ini, tentunya peran internet menjadi begitu penting. Banyak sekali sosial media yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari kita. Contoh dari media sosial yang bisa kita gunakan yaitu blog. Bagi Anda yang ingin memiliki blog pribadi, WordPress bisa jadi salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu Anda dalam dunia blogging. Sebetulnya, masih ada beberapa jenis aplikasi yang lainnya yang bisa kita gunakan sebagai aplikasi blog kita, tetapi yang satu ini memang bisa terbilang salah satu aplikasi blog yang paling terkenal dikalangan banyak pengguna internet.

Sejarah WordPress pertama kali dimulai dengan kemunculannya di tahun 2003 silam. Matt Mullenweg bisa dikatakan sebagai penemu dari aplikasi blog yang satu ini. Banyak hal yang menjadikan aplikasi blog yang satu ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup terkenal di kalangan masyarakat pengguna interenet. Salah satu alasan mengapa aplikasi blog yang satu ini adalah banyaknya fitur yang bisa kita temukan dan kita manfaatkan. Selain itu, tampilan dari blog yang satu ini pun tergolong menarik yang juga dikarenakan adanya banyak dukungan yang datang dari komunitas-komunitas perangkat lunak untuk blog yang satu ini.

Ada dua jenis domain yang bisa kita temukan saat kita ingin menggunakan WordPress sebagai blog kita. Yang pertama bisa kita gunakan yaitu WordPress.com. Penggunaan domain dengan akhiran .com ini biasanya tergolong lebih simpel, hal ini dikarenakan pengguna tidak perlu lagi untuk melakukan berbagai jenis instalasi atau mengatur berbagai konfigurasi dari blog yang akan mereka gunakan. Meskipun demikian, tentunya ada hal yang menjadi kekurangan dari domain yang berakhiran .com yang satu ini. Penggunanya tidak bisa mengubah atau mengganti-ganti tema standar yang bisa diterapkan pada blog tersebut. Sebagai contohnya, mereka tidak bisa menambahkan aksesoris lain pada blog mereka, jika memang itu tidak disediakan dari pihak penyedia domain.

Sementara alamat yang kedua yaitu WordPress.org. Bisa dikatakan dengan akhiran .org, blog yang akan Anda buat berada dalam tingkatan pengembangan dimana seorang pengguna bisa dengan mudah mengunduh file CMS dari tampilan atau pengaturan blog mereka, dan mereka bisa mengubahnya sendiri jika memang mereka menguasai ilmu-ilmu seperti coding, PHP, CSS dan juga bentuk skrip lain yang memang mendukung pembuatan sebuat blog atau website. Tentunya memang akan setingkat lebih sulit jika dibanding dengan penggunaan domain dengan akhiran .com, tetapi dengan demikian pengguna WordPress bisa lebih leluasa dalam mengatur tampilan blog mereka dan juga mengatur banyak hal yang mereka inginkan terkait dengan blog mereka. Jadi, apakah Anda tertarik untuk membuat blog Anda sendiri?

Other articles you might like;

About Ali Mustika Sari

Blogger Manshurin yang ingin mendunia lewat blog dan tulisan yang sederhana. Walaupun orang desa tapi tak putus asa untuk selalu belajar dan bekerja keras serta cerdas.

Check Also

Topologi Zero Client Sunde

Sunde, Perangkat yang Buat Anda Lebih Hemat Listrik

Sunde merupakan sebuah perangkat Zero atau Ultra Thin Client yang memungkinkan satu PC dapat digunakan …